Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Buya Syafii Tutup Usia, Menag: Indonesia Kehilangan Guru Bangsa

Jumat, 27 Mei 2022 | 12:38 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM
Ahmad Syafii Maarif.

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Syafii tutup usia di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (27/5/2022) pagi.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan duka mendalam. Gus Yaqut panggilan akrabnya mendoakan semoga Almarhum Buya Syafi'i diterima amal ibadahnya dan senantiasa mendapat limpahan rahmat Allah Swt.

"Satu lagi teladan dan tokoh Indonesia wafat, almarhum Buya Syafii Ma'arif. Indonesia kehilangan guru bangsa," ujar Menag dalam keterangan pers tertulis, Jumat (27/5/2022).

"Doa terbaik untuk almarhum, semoga diterima amal ibadahnya dan senantiasa mendapat limpahan rahmat dari Allah," sambungnya.

Di mata Gus Yaqut, Buya Syafii tidak hanya intelektual, tapi juga sosok ulama. Buya Syafii menginspirasi banyak orang, termasuk dirinya, dalam konsistensi membela kebenaran, menjaga NKRI, serta merawat kerukunan umat beragama.

“Meninggalnya ulama adalah musibah yang tak tergantikan, dan sebuah kebocoran yang tak bisa ditambal. Wafatnya ulama laksana bintang yang padam...,” ucap Gus Yaqut mengutip salah satu hadis Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan Imam al-Tabrani dan al-Baihaqi.

"Selamat jalan Buya. Kami akan melanjutkan semangat juang Buya untuk membangun Indonesia," tutupnya.

Meninggalnya tokoh bangsa Buya Syafii disampaikan oleh Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

“Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan doa dari semuanya," ujar Haedar sebagaimana dikutip dari laman Muhammadiyah.or.id, Jumat (27/5/2022).

Haedar mengatakan, Buya Ahmad Syafii Maarif tutup usia pada Jumat, 27 Mei 2022 Pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka," ungkap Haedar.

Buya Ahmad Syafii Maarif dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah sejak Sabtu (14/5/2022) siang. Kepala Humas PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman Rubiyanto mengatakan, Buya Syafii masuk ke rumah sakit setelah ada keluhan sesak nafas karena masalah kesehatan jantungnya.

Sebelumnya, pada 26 Maret 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menjenguk sang cendekiawan Islam itu di kediamannya di Sleman.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI