SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

‎Hari Pertama Uji Coba, Stasiun Matraman Masih Sepi Penumpang KRL

Jumat, 17 Juni 2022 | 10:32 WIB
Oleh : Mikael Niman / JEM
Sejumlah penumpang turun dari KRL relasi Bekasi-Mangarai-Kampung Bandan di Stasiun Matraman pada Jumat, 17 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Hari pertama pengoperasian Stasiun Matraman, Jakarta Timur terlihat masih sepi dari pengguna kereta rel listrik (KRL). Rata-rata penumpang yang turun atau naik dari stasiun baru ini kurang dari 10 pengguna KRL per 30 menit.

Advertisement

KAI Commuter ‎mendata pada jam sibuk hari pertama terdapat 100 penumpang KRL yang turun dan naik di Stasiun Manggarai.

"‎Pagi sudah ada 100 penumpang yang naik dan turun di Stasiun Matraman," kata Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, ‎Jumat (17/6/2022).

Dia menjelaskan, Stasiun Matraman menjadi stasiun alternatif selain turun di Manggarai atau Jatinagera karena letaknya berada di antara dua stasiun tersebut.

"Fasilitas stasiun, kami sudah melakukan transit secara vertikal. Jadi, ada eskalator dan lift‎ bagi pengguna," tuturnya.

Anne memprediksi, nantinya Stasiun Matraman akan melayani rata-rata pengguna sebanyak 2.203 orang per hari. Dengan prediksi jumlah pengguna yang naik 1.100 orang sedangkan pengguna yang turun sebanyak 1.103 orang.

"Stasiun ini diharapkan dapat melayani pengguna KRL yang berada di sekitar wilayah Jalan Matraman dan wilayah Kampung Melayu," ungkapnya.

Letak Stasiun Matraman, kata dia, sangat strategis sisi timur stasiu langsung terhubung dengan Jalan Raya Matraman, Kampung Pulo, Jakarta Timur dan terintegrasi dengan halte bus Trans Jakarta Koridor 5 sehingga akan memudahkan pengguna KRL untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan moda transportasi lain. Namun, saat ini halte bus Transjakarta masih dalam pembangunan revitalisasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Stasiun Matraman memiliki bangunan dua lantai. Lantai dasar sebagai area pelayanan pengguna dan lantai 1 sebagai area peron menunggu KRL.

Luas lantai dasar Stasiun Matraman adalah 354,25 meter persegi yang terdiri dari loket, pintu elektronik masuk dan keluar area stasiun, toilet dan toilet difabel serta musala, ruang kesehatan, ruang staf stasiun dan juga ruang pelayanan barang tertinggal.

Sedangkan lantai satu Stasiun Matraman dengan luas 588 meter persegi difungsikan sebagai peron sebagai tempat turun dan naik KRL pada jalur 1 dan jalur 2.

"Stasiun ini dilengkapi dengan fasilitas tangga manual, eskalator dan lift untuk penungguna prioritas, serta tempat parkir untuk kendaraan bermotor. Untuk keamanan dan keselamatan, Stasiun Matraman juga dilengkapi dengan CCTV, alat pemadam api ringan (APAR), sistem alarm kebakaran serta penangkal petir.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI