Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Banjir Rob Surut, Pelindo Cabang Semarang Beroperasi Normal

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:23 WIB
Oleh : Rachman Pratama / FER
Banjir akibat genangan rob yang sempat merendam kawasan pelabuhan Tanjung Emas Semarang, telah surut.

Semarang, Beritasatu.com – Banjir akibat genangan rob di perairan laut Jawa yang merendam kawasan pelabuhan Tanjung Emas Semarang kini telah surut, Selasa (21/6/2022).

Sebagian besar industri di kawasan tersebut, dapat beroperasi dengan normal. Salah satunya, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Cabang Semarang.

General Manager Pelindo Cabang Semarang Hardianto mengaku pihaknya turut membantu dalam upaya penanganan banjir rob dengan mengoptimalkan 56 pompa air milik perseroan, dengan kapasitas rata rata 800 liter perdetik yang berada di wilayah pelabuhan.

“Sejauh ini untuk genangan banjir rob relatif bisa kita tangani dengan baik dan cepat, setelah kita mengoptimalkan seluruh pompa air. Kapasitas pompa yang kita miliki, mampu mengatasi genangan air yang masuk ke kawasan pelabuhan. Sehingga, aktivitas operasional selama terjadi rob tetap berjalan tanpa gangguan," ujar Hardianto.

Aktivitas di pelabuhan Tanjung Emas Semarang berjalan normal.

Hardianto menambahkan pihaknya juga sedang melakukan percepatan pembangunan tanggul milik PT Lamicitra yang sempat jebol beberapa waktu lalu.

Perbaikan tanggul PT Lamicitra dilakukan dengan membangun ulang tanggul permanen dan menguatkan tanggul eksisting, sehingga kemungkinan banjir rob akibat tanggul jebol bisa diminimalisir.

"Segala macam kemungkinan risiko sudah kami antisipasi untuk mengatasi fenomena banjir rob yang terjadi di kawasan pesisir utara kota Semarang ini. Salah satunya, dengan melakukan percepatan pembangunan tanggul permanen milik PT Lamicitra yang jebol beberapa waktu lalu,” ungkap Hardianto.

Sebelumnya Badan Klimatologi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Emas Semarang memberikan iimbauan kepada warga dan perusahaan di kawasan pesisir pantai Semarang terkait prediksi fenomena banjir rob dengan prediksi ketinggian air mencapai 1,1 meter mulai dari tanggal 19 Juni hingga 23 Juni mendatang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI