SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Menlu Retno: Dukungan Presidensi G-20 Indonesia Kuat

Rabu, 22 Juni 2022 | 17:01 WIB
Oleh : LES
Retno Marsudi.

Jakarta, Beritasatu.com - Menlu Retno Marsudi mengatakan, di tengah situasi dunia yang rumit dan kompleks dukungan terhadap presidensi Indonesia di G-20 masih sangat kuat dan berbagai diskusi di semua working group masih berjalan dengan baik.

“Sehingga dapat saya sampaikan bahwa everything is on the right track,” kata Menlu Retno dalam pengarahan pers yang diikuti dari Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Advertisement

Dia mengatakan bahwa saat ini dunia tengah menghadapi situasi yang sangat sulit.

Hal tersebut terkait dampak dari pandemi Covid-19 di mana dunia tengah berupaya untuk kembali pulih dalam segala aspek, dan upaya tersebut yang terdampak oleh peperangan yang terjadi di Ukraina.

Meski demikian, hal itu tak menyurutkan semangat Indonesia dalam membawa isu-isu prioritasnya sebagai presiden G-20 pada 2022 ini.

“Situasi ini justru mendorong presidensi Indonesia untuk lebih aktif dalam menjadikan G-20 sebagai katalis bagi pemulihan ekonomi global,” ujarnya.

Menurut Menlu Retno, pihaknya terus melakukan komunikasi secara intensif dengan para Menlu G-20 dan mitra dari negara-negara lain.

Dalam berbagai kegiatan di luar negeri selama beberapa bulan terakhir ini dia juga mengambil kesempatan untuk membahas isu yang terus diangkat dalam presidensi Indonesia, termasuk rencana pertemuan para Menlu G-20 yang akan diselenggarakan di Bali pada 7-8 Juli mendatang.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa di tengah situasi yang sulit dan kompleks seperti saat ini, Indonesia “memilih untuk tidak menggunakan megaphone diplomacy agar tujuan besar yang bermanfaat di dunia dapat terwujud.”

Perang yang berkelanjutan, tambahnya, tentu akan memberikan dampak bagi kemanusiaan, termasuk munculnya krisis pangan, energi, dan keuangan.

“Tiga krisis ini yang harus segera ditangani oleh negara dunia agar krisis tidak terus memburuk,” tegasnya.

Dia menjelaskan bahwa memburuknya krisis pangan, energi, dan keuangan dapat dipastikan akan sangat berdampak bagi negara berkembang dan negara dengan pendapatan rendah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI