SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Puan Maharani Tegaskan Pembangunan IKN Tetap Berjalan

Rabu, 22 Juni 2022 | 19:42 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR
Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPR Puan Maharani mengunjungi Bendungan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, 22 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua DPR Puan Maharani menegaskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tetap akan berjalan, meski nanti ada pergantian presiden. Sebab, pembangunan IKN sudah memiliki payung hukum yaitu Undang-Undang (UU) Nomor 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

“UU IKN sudah disahkan oleh DPR, didukung oleh 8 fraksi dari 9 fraksi yang ada. Artinya, sudah ada payung hukum untuk meneruskan atau menjalankan IKN ke depan,” kata Puan Maharani saat mendampingi Jokowi meninjau kawasan IKN, Rabu (22/6/2022).

Advertisement

Tidak hanya itu, menurut Puan, anggaran pembangunan IKN sudah disiapkan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Alokasi anggaran akan dilakukan secara multiyear, mulai dari tahun 2022 hingga 2024.

“Kami, DPR melalui badan anggaran sudah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk nantinya juga merealisasikan di tahun 2025 jika ada pergantian tampuk kepresidenan, insyaallah IKN masih bisa tetap berjalan sambil menunggu presiden yang akan datang dilantik,” ujar Puan Maharani.

Pembangunan IKN, menurut Puan, merupakan visi pemerintahan. Karena itu, DPR sudah berkomitmen untuk mendukung dan merealisasikan pembangunan kawasan inti IKN pada 2024 sudah selesai.

“Kita akan lihat. Saya sebagai ketua DPR, sebagai fungsi pengawasan akan mengecek paling tidak 6 bulan sekali atau beberapa bulan sekali terkait progresnya. Karena nanti APBN yang membiayai (pembangunan) kawasan inti (IKN),” terang Puan Maharani.

Puan menekankan dukungan politik terhadap pembangunan IKN sangat kuat, hal itu sudah terbukti dengan adanya UU IKN. “Kami percaya, bahwa ini bukan suatu proyek imajinasi tetapi proyek pemerataan Indonesia, bukan di Jawa, tapi juga di Kalimantan dan wilayah sekitarnya,” katanya.

Oleh karena itu, presiden baru nanti harus tetap melanjutkan pembangunan IKN yang telah ditetapkan dalam UU harus dilakukan berkesinambungan diteruskan selama 15 tahun.

“Artinya, selama 15 tahun, secara multiyear kami berharap masa 2024, tidak ada hal-hal emergency atau musibah seperti yang lalu pandemi Covid-19, sehingga semua bisa berjalan sesuai dengan jadwal,” papar Puan Maharani.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI