SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jokowi: WTP Pencapaian Terbaik di Tahun yang Sangat Berat

Kamis, 23 Juni 2022 | 12:37 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun, Novy Lumanauw / WBP
Joko Widodo.

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan syukur Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2021 mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Mendapatkan WTP, sebuah pencapaian yang sangat baik di tahun yang sangat berat akibat melandanya pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah tahun 2021, tadi sudah disampaikan oleh Ketua BPK, bahwa BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat. WTP ini merupakan pencapaian yang baik di tahun yang sangat berat di 2021,” kata Jokowi dalam acara penyampaian LHP LKPP 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/6/2022).

Advertisement

Hasil laporan BPK, lanjut Jokowi, akan menjadi landasan bagi pemerintah untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan. Pemerintah akan menindak lanjuti temuan-temuan BPK. “Semua kelemahan harus segera diperbaiki terutama terkait dengan sistem pengendalian intern dan ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undang yang berdampak pada kewajaran penyajian LKPP tahun 2021,” ujar Jokowi.

Sehingga ke depannya, ungkap Jokowi, dengan perbaikan-perbaikan, maka predikat tata kelola keuangan negara semakin baik lagi.

Jokowi menegaskan, predikat WTP bukan tujuan akhir, melainkan bagaimana pemerintah pusat mampu menggunakan uang rakyat sebaik-baiknya. Tidak hanya itu, predikat ini WTP ini akan menjadi landasan pemerintah agar mampu mengelola dan memanfaatkan uang rakyat secara transparan dan akuntabel, sehingga masyarakat betul-betul merasakan manfaatnya.

“Saya ingin menegaskan lagi pada menteri, kepala daerah, kepala daerah agar segera menindaklanjuti dan kan semua rekomendasi pemeriksaan BPK,” tegas Jokowi.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama BPK yang selalu memberikan masukan dan dukungan dalam pengelolaan keuangan negara. “Kita bekerja bersama untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan serta yang semakin efektif dan terpercaya,” tutur Jokowi.

Seperti diketahui, LHP LKPP selama pemerintahan Presiden Jokowi telah mendapatkan opii WTP dari BPK sejak 2016, artinya sudah 6 tahun berturut opini tertinggi tersebut diraih pemerintah pusat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI