SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Bendungan Sepaku Semoi Penuhi Kebutuhan Air Baku di IKN

Kamis, 23 Juni 2022 | 13:55 WIB
Oleh : Anselmus Bata / AB
Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPR Puan Maharani mengunjungi Bendungan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, 22 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah memastikan kebutuhan air baku bagi penghuni di Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa dipenuhi dari Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bendungan Sepaku Semoi memiliki kapasitas 2.500 liter per detik. Dari jumlah tersebut, sebanyak 500 liter per detik digunakan untuk memenuhi kebutuhan Kota Balikpapan, sedangkan 2.000 liter per detik dikirim ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan IKN.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko saat memberikan pemaparan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengajak para pemimpin redaksi dalam Forum Pemred mengunjungi IKN, Rabu (22/6/2022).

Advertisement

Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi yang memiliki kapasitas tampung 10 juta meter kubik. Bendungan tersebut dibangun pemerintah untuk menyiapkan air baku di IKN.

“Bendungan Sepaku Semoi ini merupakan salah satu dari dua yang sudah on going Bapak untuk penyiapan air baku di IKN. Sekarang progres di Bendungan Sepaku Semoi sudah 56%,” ujar Jarot Widyoko yang dikutip dari setkab.go.id.

Selain Bendungan Sepaku Semoi, pemerintah juga sedang membangun Intake Bendungan Sepaku yang saat ini progres pembangunannya mencapai 13%.

Dalam keterangan terpisah, Jarot meyakini target pembangunan infrastruktur pendukung IKN tersebut dapat selesai tepat waktu dan target penyediaan air baku 5.000 liter per detik pada 2035 dapat tercapai dengan baik.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi meminta agar pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dapat diselesaikan lebih cepat dari rencana. Semula bendungan ini akan rampung pada Desember 2023, tetapi Jarot Widyoko menyanggupi untuk menyelesaikannya pada awal 2023.

"Dengan adanya percepatan, kami menargetkan akan selesai pada Januari atau Februari 2023,” ucap Jarot Widyoko.

Hal lain yang disampaikan Jokowi adalah air baku dari bendungan akan diolah untuk memasok kebutuhan air bagi 1,5 juta penduduk. “Untuk air yang disalurkan adalah air siap minum,” terang Jokowi.

Hal serupa juga disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. “Kalau (air, Red) enggak bisa diminum langsung, percuma (ibu kota, Red) kita pindah,” katanya.

Sebelumnya, Basuki Hadimuljono menyatakan pekerjaan fisik bendungan ditargetkan selesai pada awal 2023 dan pengisian awal atau impounding ditargetkan pertengahan 2023.

“Dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi, penyediaan air baku IKN masih cukup hingga 2030,” ujarnya.

Bendungan dengan luas genangan 280 hektare dan kapasitas tampung 10,6 juta meter kubik ini juga akan mereduksi banjir sebesar 55%. Bendungan ini dikerjakan dengan skema kontrak tahun jamak hingga 2023 senilai Rp 556 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya, PT Sacna, dan PT BRP.

Selain Bendungan Sepaku Semoi, Kementerian PUPR juga akan membangun Bendungan Batu Lepek yang berpotensi untuk memenuhi kebutuhan air baku sebesar 5.000 liter per detik serta Bendungan Selamayu dengan potensi air baku sebesar 3.950 liter per detik. Studi kelayakan Bendungan Batu Lepek telah dilakukan pada 2020 dan Bendungan Selamayu pada 2021.

Saat ini di Kalimantan Timur terdapat enam tampungan air, yakni Bendungan Manggar dengan kapasitas tampung 14,2 juta meter kubik, Bendungan Teritip berkapasitas 2,43 juta meter kubik, dan Embung Aji Raden memiliki kapasitas 0,49 juta meter kubik. Ketiganya terletak di Balikpapan.

Tiga lainnya adalah Bendungan Samboja di Kutai Kartanegara dengan kapasitas 5,09 juta meter kubik, Intake Kalhol Sungai Mahakam dengan kapasitas 0,02 juta meter kubik, dan Bendungan Lempake di Samarinda dengan kapasitas 0,67 juta meter kubik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI