SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Tata Ulang Dasar Pembentukan, 5 RUU Provinsi Akan Disahkan DPR

Kamis, 23 Juni 2022 | 21:06 WIB
Oleh : CAR
Ilustrasi rapat paripurna DPR.

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi II DPR menyetujui lima rancangan undang-undang (RUU) provinsi, yakni Sumatera Barat, Riau, Jambi, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk dibawa ke paripurna. Pimpinan Panitia Kerja (Panja) lima RUU provinsi tersebut, Syamsurizal mengungkap regulasi tersebut dibuat dalam rangka penataan ulang dasar pembentukan provinsi dimaksud.

“Undang-undang (UU) yang ada saat ini sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman,” katanya di Jakarta, belum lama ini.

Advertisement

Menurut Syamsurizal, dasar hukum sebelumnya, dibentuk pada saat Indonesia masih dalam sistem Republik Indonesia Serikat (RIS). Kemudian, banyak materi muatan yang tidak sesuai dengan perundang-undangan berlaku dan tata cara pelaksanaan daerah.

Dia berharap pembentukan lima RUU tersebut akan menjadi dasar hukum bagi pembangunan di daerah agar terlaksana secara efektif dan sesuai dengan UUD 1945.

Pengambilan persetujuan di Komisi II, berlangsung pada Selasa (21/6/2022). Seluruh anggota Komisi II, Komite I DPD, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan setuju lima RUU tersebut untuk diambil keputusan dalam rapat paripurna.

Tito mengatakan pemerintah optimistis inisiatif yang diambil DPR dalam membentuk lima RUU tersebut akan memperkuat otonomi daerah. Selain itu, kata Tito, RUU tersebut akan memperkuat landasan konstitusi negara yang berdampak pada turunan hukum, termasuk pembentukan peraturan daerah (perda).

“Proses pembentukan RUU tersebut terkesan cepat, tetapi monumental untuk memberikan kepastian hukum bagi provinsi di masa mendatang,” tutur Tito.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI