SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Mensos Risma Minta Kawasan Longsor di Pamijahan Bogor Dikaji

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:05 WIB
Oleh : Vento Saudale / WM
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jumat, 24 Juni 2022, malam.

Bogor, Beritasatu.com - Sebelum merelokasi warga korban bencana, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) meminta pihak terkait untuk melakukan pengkajian kawasan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Advertisement

Hal itu, dikatakan Risma saat meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jumat (24/6/2022) malam.

Dalam kunjungannya itu, Risma mengaku akan berkoordinasi dengan Badan Geologi Kementerian ESDM untuk mengkaji lokasi bencana banjir dan longsor di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

"Kami akan berkomunikasi dengan Badan Geologi di bawah Kementerian ESDM maupun BMKG untuk melihat kontur daerah di sini," papar Risma.

Risma menilai hal itu perlu dilakukan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk melakukan kajian peta bencana.
"Sebelum mengambil keputusan tentu kami harus lakukan kajian dahulu untuk melihat kontur daerah di sini. Karena saat akan merelokasi, kami juga perlu melihat potensi bencana daerahnya seperti apa," jelasnya.

Penanggulangan jangka pendek, kata Risma, Kemensos bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyediakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan para korban. Selain itu dibangunkan posko sementara, bagi warga yang tidak mempunyai kediaman singgah sementara.

"Selain terus mendata kerugian, sekaligus masih melakukan pencarian orang yang hilang, juga memberikan pendampingan pemulihan psikologi," paparnya.

Berdasarkan data sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, 1.602 jiwa dari 405 keluarga terdampak akibat bencana alam banjir bandang dari luapan aliran kali Cisarua, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Rabu kemarin.

Korban yang terdampak di Kampung Cisarua tersebut mulai dari RT/RW 01/06 (60 KK 240 jiwa), RT/RW 02/06 (70 KK 280 jiwa), RT/RW 03/06(60 KK 245 jiwa), RT/RW 04/06 (70 KK 275 jiwa), RT/RW 05/06 (145 KK 580 jiwa).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI