SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

BNN Waspadai Peredaran Kokain dari Kolombia

Senin, 27 Juni 2022 | 12:47 WIB
Oleh : Mansy Singko / WM
Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose

Nusa Dua, Beritasatu.com - Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose mengatakan, pihaknya mewaspadai peredaran kokain yang berasal dari Kolombia. Sebab, Kolombia diketahui memiliki kartel narkoba.

Advertisement

Karena itu, lanjut Petrus Reinhard, pemberantasan narkoba di Indonesia tidak bisa hanya dilakukan oleh penegak hukum dalam negeri, tetapi juga perlu kerja sama lintas negara dalam pemberantasan kriminal lintas negara.

"Dalam strategi cooperation, BNN RI menjalin kerja sama nasional dan regional, juga kerja sama internasional guna mewaspadai peredaran narkoba di Indonesia," katanya, saat peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Nusa Dua, Bali, Senin (27/6).

Untuk mencegah peredaran narkoba internasional, BNN RI telah melakukan kerja sama dengan pihak kepolisian luar negeri seperti Australia, Amerika, Ekuador. Saat ini BNN RI sedang berupaya melakukan kerja sama dengan pihak kepolisian Kolombia guna mencegah penyelundupan kokain ke Indonesia. Diketahui, Kolombia memiliki kartel narkoba yang perlu diwaspadai. Strategi untuk meminimalkan penyelundupan narkoba, BNN harus bekerja sama dengan pihak kepolisian Kolombia.

"Tahun 2021 pihak kepolisian telah menyita 120 ton kokain, bayangkan kalau zat berbahaya tersebut masuk Indonesia, generasi muda kita akan hancur," kata Petrus Reinhard Golose.

Langkah Awal jalinan kerja sama BNN RI dengan kepolisian Kolombia dilakukan di Bali saat pihak kepolisian dan Konsulat Jenderal Kolombia hadir dalam peringatan HANI di Nusa Dua Bali.

Perwakilan kepolisian Kolombia, Mayjen Manuel Vasquez mengakui bahwa pihak kepolisian belum mampu menangani kasus narkoba sehingga dibutuhkan pihak lain untuk melakukan kerja sama. "Perjanjian kerja sama dengan pihak kepolisian, institusi yang menangani narkoba serta pemerintahan negara lain sangat penting untuk pemberantasan peredaran narkoba." Cetus, Mayjen Manuel Vasquez, saat menghadiri HANI di Nusa Dua Bali.

Manuel Vasquez melanjutkan, kunjungan kepolisian Kolombia ke Indonesia merupakan simbol komitmen dalam pemberantasan narkoba. kepolisian Kolombia juga mendeklarasikan perang melawan narkoba.

"Kerja sama dengan BNN RI dengan kepolisian Kolombia diharapkan semakin hari semakin kuat untuk memberantasan peredaran narkoba, kerja sama kami dengan pihak BNN adalah 650 untuk memerangi kasus narkoba."janjinya.

Untuk menutup pintu masuk penyelundupan narkoba terlebih dari daerah berbahaya seperti Kolombia, Ekuador, Meksiko, BNN RI akan melakukan kerja sama dengan pelabuhan untuk mengawasi kontainer yang datang dari luar negeri. Setelah jalinan kerja sama ini berlaku, BNN RI melakukan pemeriksaan semua kontainer-kontainer yang datang dari luar negeri yang dicurigai melakukan penyelundupan narkoba ke Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI