SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Anies Ubah 22 Nama Jalan di Jakarta, Ini Komentar Djarot

Senin, 27 Juni 2022 | 19:57 WIB
Oleh : Fana F Suparman/Muhammad Aulia / FFS
Djarot Saiful Hidayat

Jakarta, Beritasatu.com - Politikus PDIP, Djarot Saiful Hidayat menanggapi langkah Gubernur DKI, Anies Baswedan mengubah 22 nama jalan, di Jakarta. Djarot yang merupakan mantan Gubernur DKI menilai ketimbang mengubah nama jalan, Pemprov DKI lebih baik mengubah kehidupan kumuh di sekitar jalan tersebut agar lebih manusiawi.

"Maka eloknya itu bukan hanya sekedar mengganti nama jalan, yang lebih substansi adalah sebetulnya mengubah kehidupan-kehidupan yang kumuh di sekitar jalan itu menjadi yang lebih manusiawi. Ya, manusianya yang diubah," kata Djarot di Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/6/2022).

Advertisement

Diberitakan, sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 565 Tahun 2022 tentang Penetapan Nama Jalan, Gedung dan Zona Dengan Nama Tokoh Betawi dan Jakarta terdapat 22 nama jalan baru dengan nama yang berasal dari tokoh Betawi.

Perubahan nama jalan dengan nama tokoh Betawi tersebut, berdampak terhadap perubahan nama jalan di kolom dokumen administrasi.

Djarot menilai untuk menghargai budaya Betawi lebih baik dilakukan dengan mengembangkan budaya Betawi seperti lenong dan lainnya. Selain itu, Pemprov DKI seharusnya memanusiakan para seniman, dan budayawan Betawi.

"Itu yang harus dibangun, termasuk juga nilai-nilai budaya Betawi itu yang harus ditonjolkan karena kalau enggak begitu mati loh ya, kalau enggak begitu hilang loh ya. Nah, ini yang kalau menurut saya itu lebih strategis daripada sekadar mengganti nama jalan," katanya.

"Ini bukan kritikan ya, tetapi ini masukan ya, evaluasi kan boleh toh," kata Djarot menambahkan.

Djarot mengatakan, perubahan nama jalan berdampak cukup serius bagi warga. Tak hanya soal administrasi kependudukan, melainkan juga menyangkut BPKB, NPWP, alamat perusahaan dan lainnya.

"Kalau perubahan kependudukan itu lebih mudah, ganti KTP, ganti KK, kemudian ganti alamat itu. Yang sulit adalah bahwa pergantian nama jalan itu juga menyangkut perubahan-perubahan yang lain. Misalnya NPWP berubah, SIM berubah, kemudian alamat perusahan berubah. Perubahan-perubahan seperti ini kan juga harus dipikirkan juga," paparnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI