SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Singapura Laporkan Kasus Kematian Covid-19 Pertama pada Anak

Selasa, 28 Juni 2022 | 08:07 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Ilustrasi Singapura.

Singapura, Beritasatu.com – Singapura pada Senin (27/6/2022) melaporkan, kasus kematian Covid-19 pertama pada anak di bawah 12 tahun, setelah seorang bocah lelaki berusia satu setengah tahun yang tertular virus corona meninggal dunia.

“Penyebab kematian adalah Ensefalitis karena Covid-19, Infeksi Respiratory Syncytial Virus dan Enterovirus,” kata Kementerian Kesehatan (MOH) Singapura dalam rilis media, seraya menambahkan bahwa pasien tidak memiliki riwayat medis lain sebelumnya baik-baik saja.

Advertisement

Bocah itu dibawa ke unit gawat darurat anak-anak di Rumah Sakit Wanita dan Anak KK (KKH) pada malam 21 Juni. Dia mengalami demam tinggi dan kejang berulang, dengan penurunan kesadaran, kata MOH.

Dia dirawat di unit perawatan intensif anak-anak dalam kondisi kritis pada 22 Juni dan didiagnosis dengan Meningoensefalitis parah. Ini mengacu pada kondisi neurologis yang melibatkan Ensefalitis atau peradangan otak, dan infeksi pada meningen atau selaput yang menutupi otak.

Tes polymerase chain reaction (PCR)-nya positif untuk Covid-19 serta dua virus lainnya, Rhinovirus/Enterovirus dan Respiratory Syncytial Virus.

Kementerian mencatat bahwa Covid-19 dapat menyebabkan penyakit parah, bahkan pada anak-anak dan mereka yang tidak memiliki kondisi medis sebelumnya.

"Vaksinasi secara substansial mengurangi kemungkinan penyakit parah ketika seseorang terinfeksi," kata MOH.

“Semua anak berusia lima hingga 11 tahun direkomendasikan untuk divaksinasi dengan vaksin Pfizer-BioNTech/Comirnaty, terutama anak-anak dengan kondisi medis kronis yang mendasarinya.”

Singapura melaporkan 5.309 kasus Covid-19 pada hari Senin di tengah lonjakan infeksi baru-baru ini yang terutama didorong oleh subvarian Omicron yang lebih baru yang dikenal sebagai BA.4 dan BA.5.

Kedua subvarian tersebut menyumbang sekitar 45 persen dari kasus Covid-19 komunitas dalam seminggu terakhir, kata Kementerian Kesehatan pada hari Senin, naik dari sekitar 30 persen pada minggu sebelumnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: cna


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI