SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Presiden Jokowi Naik Kereta Khusus Menuju Kyiv, Ukraina

Rabu, 29 Juni 2022 | 08:17 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / DAS
Presiden Jokowi naik kereta bersama rombongan dari Przemysl, Polandia menuju Kyiv, Ukraina,  Selasa malam, 28 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan kereta khusus dari Polandia menuju Kyiv, Ukraina, tepat pada pukul 21.15 waktu setempat, Selasa (28/6/2022).

Dari peron 4 Stasiun Kereta Api Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Presiden beserta rombongan terbatas berangkat menuju Kyiv membawa misi perdamaian agar perang Rusia-Ukraina dapat segera dihentikan.

Advertisement

Presiden Jokowi naik kereta luar biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina.

Presiden Jokowi naik kereta bersama Ibu Negara Iriana dan rombongan terbatas menuju Kyiv, Ukraina, dari Przemysl, Polandia, Selasa malam, 28 Juni 2022.

Kereta luar biasa ini juga digunakan oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Presiden Jokowi naik kereta bersama rombongan menempuh perjalanan sekitar 12 jam sehigga tiba di Kyiv, ibu kota Ukraina pada Rabu (29/6/2022).

Turut mendampingi acara kunjungan presiden ini antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam keterangannya sebelum lepas landas di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/6/2022), Presiden Jokowi mengatakan setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-7, ia akan mengunjungi Ukraina.

Di negara tersebut, Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Misi pertemuannya dengan Zelensky adalah membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian.

"Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," kata Jokowi saat itu.

Dari Ukraina, Jokowi akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Sebelumnya Presiden Jokowi menghadiri KTT G-7 di Schloss Elmau, Jerman.

Presiden Jokowi hadir bersama pemimpin dari negara mitra G-7 yaitu Presiden Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Senegal Macky Sall, dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Selain melakukan pertemuan bilateral dengan PM India Narendra Modi, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Jokowi juga melakkukan pembicaraan dengan PM Kanada Justin Trudeau.

"Sekali lagi dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," ungkap Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI