SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jaring Capres, Relawan Jokowi Gelar Musyawarah Rakyat Indonesia

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:37 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS
Konferensi pers sejumlah kelompok relawan Jokowi terkait rencana menggelar Musyawarah Rakyat Indonesia di Jakarta Theatre, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Sejumlah unsur relawan Jokowi akan menggelar Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring aspirasi rakyat terkait bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menjelang Pemilu 2024.

Penanggungjawab Musra Indonesia, Budi Arie Setiadi menjelaskan, forum rakyat tersebut merupakan penemuan politik baru yang menempatkan rakyat sebagai konstituen utama demokrasi. Dikatakan, prinsip Musra ini adalah bagaimana suara dan harapan rakyat dapat didengar demi menumbuhkan kualitas demokrasi.

Advertisement

"Musyawarah Rakyat Indonesia ini garis besar pemikirannya adalah bahwa bagaimana kita mengupayakan rakyat sebagai konstituen utama demokrasi dalam menentukan kepemimpinan nasional dan merumuskan agenda-agenda kebangsaan dan kerakyatan," kata Budi yang juga Ketua Umum Projo saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia, Andi Gani Nena Wea menjelaskan Musra Indonesia bukan hanya terkait capres-cawapres. Dia menekankan Musra Indonesia juga bertujuan agar agenda nasional dan kerakyatan yang dilangsungkan selama masa pemerintahan Jokowi dapat dilanjutkan oleh kepemimpinan berikutnya.

Salah satu agenda nasional yang dia singgung adalah terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia menekankan, pembangunan IKN merupakan pekerjaan bangsa, bukan hanya Jokowi sendiri.

"Kita agak khawatir kalau pelanjut ke depan benar-benar tidak memahami niat besar dari Jokowi dan seluruh kabinetnya bahwa IKN merupakan cita-cita bangsa, bukan cita-cita Pak Jokowi sendirian," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Musra Indonesia Panel Barus menjelaskan rangkaian kegiatan Musra Indonesia rencananya dimulai di Solo pada 27 Agustus 2022. Musra Indonesia rencananya diadakan di 34 kota di 34 provinsi hingga awal Maret 2023.

"Jadi kita ingin dengan Musra ini, ekspresi rakyat bisa disampaikan melalui musyawarah rakyat ini. Kita sampaikan bahwa rakyat akan bergerak melalui Musyawarah Rakyat Indonesia untuk menentukan kepemimpinan nasional ke depan dan melanjutkan agenda-agenda kerakyatan," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI