SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Menkes Ungkap Peran Keluarga dalam Penanganan Stunting

Rabu, 29 Juni 2022 | 16:51 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers di sela agenda Health Working Group, di Lombok, NTB, Senin, 6 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Menkes menyatakan bahwa keluarga memiliki peran yang penting dalam penanganan stunting di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Menteri Kesehatan saat memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29, Rabu (29/6/2022).

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan keluarga berperan penting mewujudkan Indonesia bebas stunting. Pasalnya, keberhasilan pencegahan penanggulangan stunting dilakukan pemerintah sangat tergantung kepada peran aktif keluarga, sebagai ujung tombak pembangunan bangsa.

Advertisement

“Mari kita jadikan Harganas Ke-29 menjadi momentum penting bagi kita semua dalam menggalang dan meningkatkan komitmen berbagai pihak. Baik pemerintah, swasta dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan keluarga Indonesia bebas stunting,” kata Budi dikutip akun YouTube BKKBN Official, Rabu (29/6/2022).

Budi menambahkan keluarga memiliki peran penting menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Dalam hal ini, keluarga bertanggung jawab dalam pemenuhan hak-hak anak, pengasuhan dan perawatan anak agar dapat tercegah dari risiko stunting di semua fase kehidupan.

“Calon ibu harus dipersiapkan agar sehat. Keluarga juga harus memastikan agar remaja putri dan ibu hamil aktif minum tablet tambah darah dan agar ibu hamil teratur periksa kehamilan minimal 6 kali, di mana 2 kali harus dilakukan oleh dokter,” ujarnya.

Lebih lanjut, penting juga untuk konsumsi protein hewani bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan balita utamanya di bawah 2 tahun. “ASI eksklusif sampai bayi 6 bulan dan terus menyusui sampai anak 2 tahun serta balita datang ke posyandu setiap bulan untuk dipantau pertumbuhan dan perkembangannya juga imunisasinya,” ucapnya.

Dikatakan Menkes Budi, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat sebagai tempat bernaung, saling mencintai dan saling membutuhkan. “Dari keluarga inilah akan dilahirkan putra-putri generasi penerus bangsa di masa yang akan datang,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI