SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Michael Sianipar: Masalah Korupsi seperti Penyakit Kanker

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:55 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS
Ilustrasi.

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Panitia Y-20 di Indonesia, Michael Victor Sianipar menyatakan, masalah korupsi mirip seperti penyakit kanker bila melihat penyebarannya. Hal itu disampaikan Michael Sianipar dalam webinar yang diadakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertajuk Ngayah Ngerawat Negeri Ngelawan Korupsi.

Mulanya, Michael menekankan soal kalangan pemuda adalah masa depan. Untuk itu, dia mengapresiasi langkah KPK yang melaksanakan pendidikan antikorupsi, salah satunya yakni Politik Cerdas Berintegritas. Dikatakan, kegiatan antikorupsi tersebut penting bagi pemuda karena mereka nantinya akan menjadi figur pemimpin di instansi pemerintahan hingga swasta.

Advertisement

“Saya rasa korupsi itu seperti kanker, di semua sektor ada. Dari yang atas yang paling berkuasa sampai bawah pun ada,” kata Michael dalam webinar yang disiarkan di akun Youtube KPK RI, Rabu (29/6/2022).

Oleh sebab itu, dia menekankan pentingnya untuk mempersiapkan pemuda melalui pendidikan antikorupsi. Adapun hal tersebut penting untuk dilakukan demi mempersiapkan kualitas generasi berikutnya.

“Generasi sekarang kita harus cegah korupsi dan bangun sistem lebih baik, tetapi kepemimpinan berikutnya di mana kita bertaruh ada satu generasi baru pemuda yang memiliki kesadaran dan komitmen besar terhadap perjuangan antikorupsi,” ungkap Michael.

Selain itu, Michael juga menilai pemuda memiliki peran besar dalam gerakan antikorupsi. Dia memandang, pemuda memiliki idealisme dan pemikiran yang mereka nilai benar. Dia mengakui, pengalaman hidup juga merupakan hal penting. Hanya saja, dia menyinggung soal bagaimana pengalaman hidup justru mengajarkan untuk lebih bersikap realistis.

“Sistemnya begini kok, bergenerasi-generasi puluhan tahun begini, kamu siapa anak muda kok merasa bisa sistem berubah? Tetapi di sana anak muda ya kita bertanya kenapa enggak bisa?,” ujar Michael.

Oleh sebab itu, dia menegaskan pentingnya kekritisan dan idealisme yang dimiliki kalangan pemuda. Dengan demikian, pemuda dapat memberikan perspektif penting, khususnya dalam masalah budaya korupsi.

“Idealisme itu yang sangat penting dalam kita melihat permasalahan budaya korupsi yang ada di semua negara, saya rasa bukan hanya di negara kita saja. Itu perspektif sangat penting yang pemuda bisa berikan,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI