SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Gelar Pertemuan, Jokowi dan Zelensky Kenakan Pakaian Kasual

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:44 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / YUD
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu, 29 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Tidak seperti pertemuan resmi kenegaraan, Presiden Jokowi dan Volodymyr Zelensky mengenakan pakaian kasual saat keduanya bertemu, Rabu (29/6/2022). Padahal pada pertemuan kenegaraan baik bilateral atau multilateral yang biasa dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para pemimpin negara saat menghadiri KTT G-7 yang mengenakan pakaian formal berupa setelan jas dan celana panjang serta dasi.

Berbeda saat Jokowi mengunjungi Kyiv, dia mengenakan pakaian non formil alias kasual ketika bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Beritasatu.comdari dokumentasi foto Sekretariat Presiden, terlihat Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky justru mengenakan pakaian informal atau kasual. Seakan-akan pertemuan yang mereka gelar hanya pertemuan persahabatan biasa. Padahal pertemuan tersebut mengandung misi yang sangat penting, yaitu merundingkan perdamaian antara Ukraina dengan Rusia.

Seperti biasa, Presiden Jokowi mengenakan pakaian kegemarannya yang selalu dia pakai sejak masih menjabat Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi Presiden ke-7 RI, yaitu kemeja putih lengan panjang yang digulung mendekati siku tangan dan celana panjang hitam. Tak lupa ia mengenakan sepatu kets hitam beralas putih.

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu, 29 Juni 2022.

Tak berbeda dengan Presiden Zelensky yang tak mau kalah tampil kasual dengan Presiden Jokowi. Ia mengenakan kemeja berwarna hijau berlengan panjang yang juga digulung mendekati siku dengan celana panjang bernuansa abu-abu. Zelensky juga mengenakan sepatu kets senada dengan celana panjangnya.

Meski tidak menggunakan pakaian resmi dan formal, tampak mereka berdua tetap terlihat gagah saat melakukan foto bersama di Istana Istana Maryinsky, Kyiv.

Setelah itu, Jokowi dan Zelensky menggelar pertemuan 4 mata di sebuah ruangan dalam istana. Terlihat keduanya duduk saling berhadapan, dan di tengah-tengah mereka ada meja bundar yang memisahkan keduanya.

Di hadapan Jokowi, ada sebuah tablet yang sepertinya menjadi panduan bagi Jokowi untuk membicarakan misi perdamaiannya. Sedangkan dihadapan Zelensky hanya ada buku catatan. Terlihat wajah kedua pemimpin negara ini sangat serius membahas sesuatu dalam pertemuan tersebut

Dalam akun Instagram pribadinya, Jokowi menuliskan bahwa kedatangan dirinya disambut langsung oleh Presiden Ukraina. “Tiba di Istana Maryinsky pukul tiga sore ini, saya disambut langsung oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di pintu masuk istana,” kata Jokowi, Rabu (29/6/2022).

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, bersalaman dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky disaksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Maryinsky, Kota Kyiv, Ukraina, Rabu, 29 Juni 2022.

Kemudian ia juga menuliskan perjalanannya ke Ukraina bertemu dengan Presiden Zelensky semata-mata hanya untuk membawa misi perdamaian.

“Di meja bundar kecil ini, saya dan Presiden Zelensky berbincang di Istana Maryinsky, Kyiv. Perjalanan saya ke Ibu Kota Ukraina dan bertemu dengan Presiden Zelensky semata-mata untuk membawa misi perdamaian,” tulis Jokowi lagi.

Dengan mengenakan pakaian yang informal dan kasual, kedua kepala negara ini seperti ingin menunjukkan pembahasan dan perundingan perdamaian dapat dilakukan dengan suasana yang penuh persahabatan. Semoga pertemuan 4 mata antara Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky mampu membawa hasil yang baik bagi perdamaian Ukraina dan Rusia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI