SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Orang Tua Diminta Pastikan Kondisi Anak Sehat Sebelum Liburan

Rabu, 29 Juni 2022 | 22:41 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD
Ilustrasi liburan.

Jakarta, Beritasatu.com - Sebelum mengajak anak liburan, orang tua sebaiknya memastikan bahwa kondisi anak sehat dan siap untuk berlibur. Hal itu diutarakan oleh Tim Pemberdayaan Masyarakat Bidang Dukungan Darurat Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19, Retno Asti Werdhani, Rabu (29/6/2022).

Asti menyebutkan anak merupakan populasi yang rentan terhadap Covid-19 karena respons imun belum sebagus orang dewasa. Apalagi anak usia di bawah 6 tahun belum tersebut divaksinasi Covid-19.

Advertisement

“Kalau kita bepergian dengan anak, kita sebagai orang dewasa atau pendamping anak harus fit. Karena imun anak masih lebih lemah dibandingkan orang dewasa. Apalagi kebijakan vaksin Covid-19 belum ada untuk anak yang kurang dari 5 tahun,” ujar Asti pada dialog; Liburan Sehat, Anak Aman Covid-19”, disiarkan secara daring, Rabu (29/6/2022).

Asti mengimbau orang tua untuk memperhatikan berbagai hal sebelum mengajak anak liburan. Pasalnya, anak mengalami sakit biasanya dari faktor luar lingkungan, misalnya tertular dari orang dewasa.

Untuk itu, protokol kesehatan (prokes) sebelum melakukan perjalanan harus diperhatikan di antaranya; anak usia 6 tahun ke atas yang belum divaksinasi sebaiknya segera vaksinasi.

“Kalau mau pergi liburan pastikan dulu kesehatan kita fit, dan segera booster,” ucapnya.

Lebih lanjut, Asti menuturkan dalam protokol bepergian anak perlu ada pendamping yang memenuhi syarat perjalanan. Pendamping ini perlu proteksi diri seperti booster dan dalam kondisi fit.

Sementara bagi anak usia 6-17 tahun yang mengalami sakit kronis dan tidak bisa divaksinasi, sebaiknya sebelum bepergian konsultasi ke dokter untuk meminta surat keterangan dan melakukan prokes yang ketat selama perjalanan serta orang tua harus memastikan imunitas tubuh anak fit.

Asti juga menyarankan agar orang tua membawa bekal makanan dan minuman untuk anak sehingga menjaga kesehatan dan kebersihan. Selain itu, patuh prokes dengan memakai masker selama di perjalanan hingga tempat liburan.

Anak juga perlu diajarkan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu termasuk mendampingi anak ke toilet. Dengan begitu, anak terbiasa perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Dokter Universitas Indonesia (FKUI) juga menyarankan orang tua untuk membawa obat demam ataupun diare serta menghindari tempat liburan yang berpotensi berkerumun.

Bagi keluarga yang mengajak anak berlibur ke luar negeri, Asti juga mengingatkan untuk memiliki asuransi bagi seluruh anggota keluarga guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita semua ingin sehat, kesehatan kita dan anak-anak kembali ke diri sendiri,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI