SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Penanganan PMK di Lombok Barat

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:02 WIB
Oleh : Muhammad Awaludin / CAR
Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Gubernur NTB zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid.

Lombok Barat, Beritasatu.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meninjau penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (30/6/2022). Ma’ruf didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid mengunjungi kelompok ternak tani sapi di Reyan Baru, Kelurahan Gerung, Kecamatan Gerung, Lombok Barat.

Ma’ruf melihat langsung kandang sapi milik peternak yang pernah terjangkit PMK. Di dalam kendang itu, Wapres sempat berdialog dengan para peternak sapi terkait penanganan PMK. Terdapat 300 ekor sapi yang telah terjangkit PMK, tetapi dapat disembuhkan.

Advertisement

“Ini ada usaha dari para peternak dibantu oleh pemerintah dan menteri peternakan untuk mengobati sapi yang terjangkit wabah PMK, selama 14 hari, ternyata semuanya 100 persen sembuh,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengapresiasi petugas kesehatan ternak yang telah gigih membantu para peternak dalam upaya penanganan wabah PMK. “Nanti dari kementerian pertanian akan memantau perkembangan PMK,” ujarnya.

Dia mengatakan pemerintah telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak yang sehat untuk menambah imunitas dan kekebalan. “Pemerintah telah melakukan vaksinasi di beberapa daerah, untuk mencegah penyebaran PMK,” tegasnya.

Wapres juga menekankan kepada petugas kesehatan hewan agar memperhatikan secara detail, terkait kondisi kesehatan hewan yang akan menjadi kurban. Hewan yang ditemkan sakit diharapkan tidak didistribusikan untuk dijual sebagai kurban.

“Saya meminta kepada petugas agar sapi yang sakit tidak didistribusikan ke daerah lain, karena sudah ada aturan hewan yang boleh dan tidak untuk dijadikan kurban,” kata Wapres.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI