SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Diperiksa 3 Jam, Roy Suryo Serahkan Identitas Pengunggah Pertama Meme Stupa

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:19 WIB
Oleh : Prasetyo Nugroho / BW
Roy Suryo seusai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 30 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Roy Suryo sudah selesai menjalani pemeriksaan terkait kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam pemeriksaan itu, Roy mengaku menyerahkan identitas akun pengunggah pertama meme itu.

"Kita tadi sudah memberikan beberapa bukti-bukti dari akun Twitter yang menurut kami adalah orang yang pertama melakukan edit foto meme stupa Candi Borobudur tersebut," kata pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Advertisement

Roy diperiksa dimulai dari sekitar pukul 14.00 WIB dan selesai pukul 17.00 WIB. Dalam kesempatan yang sama, Roy mengungkapkan bahwa dia mendapat apresiasi dari penyidik terkait bukti yang diberikan oleh dirinya.

"Saya bahkan memberi petunjuk yang sangat diapresiasi oleh kepolisian dan penyidik. Karena saya tidak hanya menyebut nama akunnya, tidak hanya menyebut tanggal berapa dia posting, tetapi melacak jejak digitalnya sehingga nama orang aslinya, akun yang pertama yang mengupload pada tanggal 7 Juni 2022 itu sudah diketahui oleh kepolisian," beber Roy.

Buntut unggahan meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi yang diunggah oleh Roy Suryo berbuntut panjang. Dia dilaporkan oleh sejumlah pihak ke Polda Metro Jaya bahkan ke Bareskrim Polri.

Bareskrim Polri juga sudah melimpahkan penanganan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya. Di sisi lain, Polda Metro juga sudah menaikkan status kasus itu dari penyelidikan ke penyidikan yang artinya polisi menemukan unsur pidana dalam kasus tersebut.

Tak tinggal diam, Roy Suryo juga membuat laporan polisi ke Polda Metro Jaya terkait pembuat dan pengunggah pertama meme tersebut.

Tepat pada hari ini, Roy mendatangi Polda Metro Jaya. Kedatanganya untuk menjalani pemeriksaan dirinya sebagai pelapor tekait pengunggah pertama dan pengedit meme itu.

Akun Twitter
Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyita akun media sosial Twitter milik Roy Suryo terkait kasus meme stupa Candi Borobudur.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, penyitaan akun Twitter tersebut dilakukan sebagai alat bukti dalam dugaan kasus penistaan agama oleh Roy Suryo.

"Iya disita, yang dia gunakan untuk upload (unggah) itu. Apa itu nama akunnya kemarin yang saya sebutkan @KRMTRoySuryo2," kata Endra Zulpan di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Namun Zulpan belum dapat berkomentar lebih jauh terkait penyitaan akun Twitter Roy Suryo tersebut karena masih dalam penyidikan.

Sebelumnya, Roy Suryo berjanji bersikap kooperatif membantu Kepolisian dalam penyidikan kasus meme Candi Borobudur.
"Saya selaku warga negara yang baik dan mengerti hukum mengapresiasi upaya kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut," kata Roy Suryo.

Roy Suryo membenarkan status perkara yang menimpanya itu telah naik ke tahap penyidikan yang ditangani Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Roy Suryo memenuhi panggilan polisi sebagai saksi terkait kasus editan foto patung stupa Candi Borobudur. Mantan Menpora itu datang ke Polda Metro Jaya bersama pengacaranya, Pitra Romadoni Nasution dan aktivis sosial Lieus Sungkharisma sekitar pukul 10.15 WIB.

“Sebagai pelapor terhadap 3 akun Twitter yang melakukan mention, salah satunya kepada pak Roy Suryo. Kita ingin buktikan kalau klien kami ini adalah korban,” ujar Pitra kepada wartawan, Kamis (30/6/2022).

Pitra mengatakan kedatangannya ke Polda Metro Jaya untuk memenuhi undangan klarifikasi dan akan memberikan penjelasan kepada penyidik.

“Maka dari itu kita akan jelaskan kepada penyidik dan undangan klarifikasi ini akan kita penuhi, beserta juga kita akan bawa ahli dari Pak Lieus Sungkharisma dari mewakili umat Buddha, agar kasus ini clear dan terang benderang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI