SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Rusia Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT G-20

Jumat, 1 Juli 2022 | 07:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo setelah konferensi pers di Kremlin di Moskwa pada Kamis 30 Juni 2022. 

Moskwa, Beritasatu.com- Rusia mendukung upaya Indonesia yang akan menjadi tuan rumah KTT G-20. Seperti dilaporkan TASS, Jumat (1/7/2022), hal itu disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada wartawan setelah pembicaraan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo pada Kamis (30/6).

“Kami sangat mendukung upaya Indonesia dan Bapak Presiden dalam mempersiapkan dan menjadi tuan rumah [KTT] G-20, yang dijadwalkan berlangsung di Indonesia tahun ini,” kata Putin.

Advertisement

KTT G-20 akan diadakan tatap muka di pulau Bali Indonesia pada 15-16 November. Sejauh ini, Kremlin belum mengumumkan apakah Putin akan menghadirinya melalui tautan video atau secara langsung.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan sebelumnya bahwa presiden mungkin pergi ke Bali atau mendelegasikan orang lain, tetapi Rusia berpartisipasi dalam kerja sama G-20.

“Rusia dan Indonesia berusaha untuk mengoordinasikan posisi mereka di dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi internasional lainnya, termasuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, di mana Indonesia akan menjadi presiden tahun depan,” kata Putin, mengingat bahwa Jokowi baru-baru ini menghadiri KTT BRICS+ sebagai tamu undangan.

Presiden Rusia mengatakan bahwa dia telah membahas masalah internasional dengan presiden Indonesia.

"Saya juga memberitahu Bapak Presiden secara rinci tentang situasi di jalur Ukraina," katanya.

Seperti dilaporkan AFP, Putin menjamu Jokowi saat invasi Rusia berlangsung selama lebih dari empat bulan. Sementara Rusia berusaha untuk berporos ke Asia dan Afrika setelah timbulnya sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Indonesia memegang kepresidenan bergilir G-20 tahun ini dan sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak di Bali pada bulan November.

“Saya menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin,” kata Jokowi setelah berbicara dengan kepala Kremlin dalam komentar yang diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia.

Jokowi menyatakan "kesiapannya" untuk membantu memulai "komunikasi" antara kedua pemimpin.

Dia tidak memberikan perincian lebih lanjut, dan tidak ada pihak yang mengatakan apa yang ada dalam catatan itu.

Jokowi berada di Kyiv pada Rabu (29/6) sebelum menuju ke Moskwa untuk bertemu dengan Putin, yang pada 24 Februari mengirim pasukan ke Ukraina yang pro-Barat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI