SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Beda Gaya Berpakaian Jokowi Saat Bertemu Putin dan Zelensky

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:27 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS
Joko Widodo saat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (foto kiri) dan saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin (foto kanan).

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6/2022). Presiden Jokowi tiba di Istana Kremlin sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan langsung melakukan pertemuan tete-a-tete dengan Presiden Putin di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.

Seusai pertemuan, kedua pemimpin direncanakan menggelar keterangan pers bersama di ruang Ekaterina Istana Kremlin.

Advertisement

Ada yang berbeda dengan penampilan Presiden Jokowi saat bertemu dengan Presiden Putin. Ia mengenakan pakaian formil, yaitu setelan jas resmi berwarna hitam dengan kemeja dan dasi serta sepatu pantofel berwarna hitam. Pakaian yang biasa dikenakan Jokowi bila menghadiri pertemuan kenegaraan atau kunjungan resmi atau menerima kunjungan resmi kenegaraan.

Begitu juga dengan Presiden Putin, mengenakan setelan jas resmi berwarna biru tua, lengkap dengan kemeja dan dasi dalam jas serta sepatu pantofel hitam.

Hal itu terlihat dari dokumentasi foto Sekretariat Presiden yang menggambarkan suasana formil mewarnai pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Putin. Saat mereka bersalaman di ruang konferensi pers, terlihat di belakang mereka ada bendera Rusia dan bendera Indonesia.

Penampilan Jokowi saat bertemu dengan Putin sangat berbeda ketika dia bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022). Saat itu, Jokowi mengenakan pakaian nonformil alias kasual ketika bertemu dengan Zelensky.

Masih dari dokumentasi foto dan video Sekretariat Presiden, terlihat Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky justru mengenakan pakaian nonformil atau kasual. Seakan-akan pertemuan yang mereka gelar hanya pertemuan persahabatan biasa. Padahal pertemuan tersebut mengandung misi yang sangat penting, yaitu merundingkan perdamaian antara Ukraina dengan Rusia.

Seperti biasa, Presiden Jokowi mengenakan pakaian kegemarannya yang kerap dipakai sejak masih menjabat Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi Presiden ke-7 RI, yaitu kemeja putih lengan panjang yang digulung mendekati siku tangan dan celana panjang hitam. Tak lupa ia mengenakan sepatu kets hitam beralas putih.

Presiden Zelensky pun tak kalah tampil kasual dengan Presiden Jokowi. Ia mengenakan kemeja berwarna hijau berlengan panjang yang juga digulung mendekati siku dengan celana panjang bernuansa abu-abu. Zelensky juga mengenakan sepatu kets senada dengan celana panjangnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI