SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Hendi: Beliau Orang Baik

Jumat, 1 Juli 2022 | 23:50 WIB
Oleh : Rachman Pratama / CAR
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Semarang, Beritasatu.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022). Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi merasa kehilangan. Ia menilai Tjahjo sebagai sosok yang baik.

Pria yang akrab disapa Hendi itu menyebut Tjahjo Kumolo merupakan salah satu sosok yang dikaguminya, karena sangat rendah hati dan penuh kesederhanaan.

Advertisement

“Saya dan seluruh warga Kota Semarang ikut berdukacita atas meninggalnya bapak Tjahjo Kumolo. Beliau adalah orang yang baik, sangat menghormati seluruh lawan bicaranya. Kami cukup dekat karena beliau juga meniti karier dari Kota Semarang,” kata Hendi.

Tjahjo Kumolo lahir pada 1 Desember 1957 di Surakarta. Meski demikian, almarhum menghabiskan masa sekolah hingga kuliah di Kota Semarang. Karena itu, kepergian mendadak Tjahjo mengejutkan warga Semarang dan bangsa Indonesia.

“Pak Tjahjo memang kalau sakit tidak dirasakan, beliau tetap profesional dalam bekerja. Setahu saya juga tidak ada pantangan makan. Saya adalah salah satu kader beliau. Banyak sekali hal-hal baik dari beliau yang saya contoh.” tutur Hendi.

Hendi mengatakan pada Mei 2022, Tjahjo Kumolo sempat menghadiri upacara HUT ke-475 Kota Semarang. Pada kesempatan itu, Tjahjo menerima piagam penghargaan sebagai Warga Kehormatan Kota Semarang, karena dedikasi dan pengabdiannya kepada NKRI.

Menurut Hendi, hal tersebut menunjukkan kebanggaan warga Kota Semarang terhadap Tjahjo Kumolo sebagai tokoh yang sukses di kancah politik nasional.

Hendi sempat menjenguk Tjahjo saat sedang dalam perawatan. Saat itu, Hendi berharap Tjahjo dapat sembuh dan beraktivitas kembali. “Terakhir saya besuk beliau seminggu yang lalu. Kondisinya masih dirawat di rumah sakit perlu perawatan intensif. Waktu itu kita masih berharap beliau bisa sembuh,” tutur Hendi.

Secara terpisah, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengenang sosok Tjahjo Kumolo sebagai organisator yang hebat. Ganjar menghadiri pemakaman Tjahjo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

“Beliau organisator yang hebat,” kata Ganjar kepada wartawan.

Pertemuan terakhirnya dengan Tjahjo Kumolo, yakni saat pernikahan adik Presiden Joko Widodo, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman. Kala itu, Ganjar dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju sempat berbincang dengan Tjahjo.

“Waktu itu saya melihat kondisinya sehat. Jadi, agak kaget ketika beberapa kawan dokter mengantarkan beliau ke rumah sakit,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI