SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Cegah Cacar Monyet, WHO Serukan Tindakan Segera di Eropa

Sabtu, 2 Juli 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Kepala Institut Mikrobiologi Angkatan Bersenjata Jerman menjalankan penelitian di laboratoriumnya di Munich, Jerman, setelah kasus pertama cacar monyet terdeteksi di Jerman.

Kopenhagen, Beritasatu.com- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan pada tindakan segera untuk mencegah penyebaran cacar monyet di Eropa. Seperti dilaporkan AFP, Jumat (1/7/2022), WHO mencatat bahwa kasus telah meningkat tiga kali lipat di sana selama dua minggu terakhir.

“Hari ini, saya mengintensifkan seruan saya kepada pemerintah dan masyarakat sipil untuk meningkatkan upaya untuk mencegah cacar monyet berkembang di wilayah geografis yang berkembang,” kata Direktur Regional WHO untuk Eropa, Hans Henri Kluge.

Advertisement

Sejak awal Mei, lonjakan kasus cacar monyet telah terdeteksi di luar negara-negara Afrika Barat dan Tengah di mana penyakit virus endemik.

"Tindakan mendesak dan terkoordinasi sangat penting jika kita ingin mengubah arah dalam perlombaan untuk membalikkan penyebaran penyakit ini yang sedang berlangsung," ujarnya.

Menurut Kluge, sekitar 90 persen dari semua kasus yang dikonfirmasi laboratorium terdaftar di seluruh dunia - atau 4.500 infeksi - berada di Eropa. Sejumlah 31 negara dan wilayah kini telah melaporkan infeksi.

Kluge mengatakan Eropa tetap menjadi pusat penyebaran wabah dan risikonya tetap tinggi.

WHO tidak berpikir wabah saat ini merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional tetapi akan segera meninjau posisinya.

Menurut WHO, sebagian besar infeksi cacar monyet sejauh ini telah diamati pada pria yang berhubungan seks dengan pria, usia muda, terutama di daerah perkotaan.

WHO sedang menyelidiki kasus kemungkinan penularan seksual tetapi mempertahankan penyakit ini terutama menyebar melalui kontak dekat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI