SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kendaraan Wisata Gantikan Bus di Jalur Alternatif Puncak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 16:16 WIB
Oleh : Heru Yustanto / BW
Bus-bus besar melintar di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Sabtu 2 Juli 2022.

Bogor, beritasatu.com - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Agus Ridhallah mengatakan, kendaraan wisata akan menggantikan bus besar di jalur alternatif Puncak.

Untuk operasional tersebut Kadishub akan menggandeng badan usaha milik desa (bumdes) sebagai operator dan menyiapkan 7 kantong parkir di Puncak.

Advertisement

"Ini usulan Dishub untuk mengurangi kemacetan di kawasan wisata, seperti Puncak, " ungkap Agus, Sabtu (2/7/2022).

Menurutnya, kemacetan di jalur-jalur alternatif menuju lokasi wisata khususnya Puncak selain akibat banyaknya kendaraan juga dipicu oleh bus bus besar wisatawan yang nekat masuk pedesaan sehingga menyebabkan kemacetan.

"Jalannya kan sempit, tidak mungkin untuk bus besar masuk dan berpapasan dengan kendaraan roda empat, pasti macet itu," lanjutnya.

Guna mengantisipasi kondisi ini Agus mengusulkan pembatasan bus wisata masuk ke jalur alternatif, sedangkan penumpang yang akan menuju lokasi wisata maupun vila diangkut dengan bus kecil milik bumdes.

Saat ini rencana tersebut tengah dibahas guna membuat payung hukumnya. "Nanti akan dibuat semacam peraturan bupati," lanjutnya.

Sementara itu, guna menampung bus wisata yang digantikan bus kecil, Agus mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan kantong-kantong parkir di Puncak.

Hasil kajian dengan petugas polisi, saat ini sudah ada tujuh kantong parkir, salah satunya di lokasi rest area Gunung Mas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI