SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kapan Vaksin Booster untuk Anak, Ini Jawaban Kemenkes

Sabtu, 2 Juli 2022 | 16:55 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 bagi anak.

Jakarta, Beritasatu.com - Anak berusia 5-11 tahun di Amerika Serikat (AS) dan negara lain sudah diperbolehkan mendapatkan vaksin booster Covid-19. Sementara di Indonesia baru anak-anak 6 tahun ke atas yang diperbolehkan mendapatkan vaksin Covid-19. Namun untuk booster hingga saat ini belum ada.

Di Indonesia, dosis ketiga baru diberikan hanya untuk masyarakat dewasa berusia 18 tahun ke atas.

Advertisement

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Mohammad Syahril mengatakan untuk vaksin booster untuk anak harus menjalankan uji klinis terlebih dahulu. Selain itu jenis vaksin yang digunakan juga melalui persetujuan Badan POM dan ITAGI atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization.

"Kebijakan vaksinasi Covid-19 di Indonesia untuk anak 6-11 tahun dosis 1 dan dosis 2 . Adapun bila kita akan lakukan booster harus ada uji klinis, persetujuan ITAGI dan BPOM untuk jenis vaksin yang akan digunakan," ujar Syahril kepada Beritasatu.com pada Sabtu (2/7/2022).

Ia menegaskan pemerintah dalam hal ini Kemenkes sudah melayangkan permohonan rekomendasi ke ITAGI terkait vaksin booster pada anak. Namun hingga saat ini belum menerima balasan terkait vaksin booster tersebut.

"Karena untuk perubahan kebijakan, kita butuh rekomendasi ITAGI dan juga Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM. Nah untuk EUA BPOM, sampai saat ini belum ada vaksin yang sudah dipakai di Indonesia yang sudah memiliki EUA untuk indikasi pemberian sebagai dosis booster bagi anak dan remaja," urai dr Syahril.

Kepala BPOM, Penny Lukito mengatakan vaksin Merah Putih yang telah memasuki uji klinis fase 3 bisa jadi alternatif di dalam negeri dan didorong bisa sebagai booster hingga vaksin pada anak-anak.

"Vaksin ini juga didorong mendaftar dan mendapatkan rekomendasi emergency use listing dari WHO," kata Penny dalam keterangannya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI