SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Koalisi Gerindra-PKB, Dasco: Kebangkitan Indonesia Raya Sudah Mendekat

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:03 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS
Sufmi Dasco Ahmad.

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan pihaknya telah sepakat membangun koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Hal itu ditegaskan Dasco untuk menepis pandangan yang masih meragukan koalisi Gerindra dengan PKB yang dinamakan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Dasco menegaskan, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya adalah koalisi yang serius antara Gerindra dengan PKB.

Advertisement

“Pada sahabat-sahabat PKB yakinlah kebangkitan Indonesia raya sudah mendekat di depan mata,” kata Dasco dalam keterangannya, Sabtu (2/7/2022).

Diungkapkan Dasco, internal Gerindra sebelumnya tidak memberikan komentar berlebihan terkait koalisi Gerindra-PKB. Hal ini karena wacana koalisi tersebut perlu melalui mekanisme partai terlebih dahulu. Setelah melalui mekanisme partai, baru kemudian para kader melaksanakan koalisi dua partai tersebut.

“Sampai saat ini memang tidak ada komentar yang berlebihan dan menggebu-gebu dari pengurus maupun kader tentang koalisi dengan PKB karena mereka taat dengan anggaran dasar partainya,” tutur Dasco.

Sebagai informasi, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menjelaskan koalisi ini akan mengusung antara Prabowo dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. Meski demikian, Jazilul tidak spesifik menyebut mengenai siapa yang akan diusung sebagai capres maupun cawapres oleh koalisi ini di antara kedua tokoh tersebut.

“Ya, antara Gus Muhaimin dengan Mas Bowo (Prabowo Subianto), tunggu saja tanggal mainnya. Masih cukup waktu mematangkan semua prosesnya,” tutur Jazilul.

Perlu diketahui, Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu telah mengatur mengenai presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden. Hanya partai atau gabungan partai dengan 20% kursi DPR atau 25% suara sah nasional pemilu sebelumnya yang dapat mengusung capres dan cawapres. Syarat minimal 20% kursi di DPR itu berjumlah 115.

Dengan terbentuknya koalisi Gerindra dan PKB, total kursi DPR yang dimiliki sebesar 136 kursi atau 23,66%. Perinciannya, 78 kursi Gerindra dan 58 kursi PKB. Dengan demikian, koalisi Gerindra dan PKB sudah memiliki tiket untuk mengusung capres-cawapres di Pilpres 2024.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI