SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

KTT Y-20 Digelar di Jakarta dan Bandung, Ini Alasannya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 18:55 WIB
Oleh : Mikael Niman / BW
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat jumpa pers Summit Y-20 secara virtual pada Sabtu, 2 Juli 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Puncak Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 (KTT Y-20) akan diselenggarakan di DKI Jakarta dan Bandung, Jawa Barat pada 17-24 Juli 2022. Ada alasan mengapa KTT Y-20 digelar di Jakarta dan Bandung.

Kedua kota besar ini dipilih panitia menjadi tuan rumah karena merupakan representatif ibu kota negara yakni Jakarta dan merepresentasikan kota kreativitas anak muda yakni Bandung.

Advertisement

KTT Y-20 merupakan wadah resmi para pemuda dari seluruh negara anggota G-20 untuk dapat berdialog untuk meningkatkan kesadaran terhadap persoalan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus yang nantiya akan diberikan kepada pemimpin G-20, Presiden Indonesia.

“Summit Y-20 di Jakarta dan Bandung karena ingin mengenalkan ibu kota negara. Dan, kami juga mengenalkan Bandung sebagai kota yang sejuk, kota yang penuh dengan kreativitas anak muda. Kami ingin menunjukkan kepada delegasi-delegasi yang hadir dari seluruh dunia nanti, mengetahui bahwa Indonesia memiliki kota yang sangat beragam dan cantik di Jakarta maupun di Jawa Barat,” kata Co-Chairs Y-20 2022, Nurul Hidayatul Ummah, saat memberikan keterangan pers melalui Zoom Meeting pada Sabtu (2/7/2022).

Dia berharap, dukungan dari gubernur DKI Jakarta dan Jawa Barat serta seluruh pemangku kepentingan untuk membantu proses kegiatan Summit Y-20.

Menurutnya, Summit Y-20 merupakan kegiatan puncak yang tidak hanya dimiliki oleh anak-anak muda di kota-kota besar, tetapi juga merupakan kegiatan anak muda di seluruh kota.

Rangkaian Summit Y-20 di Jakarta dan Bandung, telah dilalui dengan menyelenggarakan Pre Summit Y-20 di Palembang, Lombok, Balikpapan, dan Manokwari.

“Kami ingin mengangkat Y-20 ini bukan hanya milik kalangan muda tertentu saja tetapi kami berharap Y-20 ini bisa dirasakan dan melibatkan lebih banyak anak-anak muda lagi,” tuturnya.

Pre Summit Y-20 dilakukan di berbagai kota dan daerah karena ingin mengundang pemuda-pemuda lokal untuk berdiskusi, berdialog, bernegosiasi untuk kemudian hasil-hasil yang kami diskusikan akan kami bawa dalam Summit Y-20 pada Juli ini,” imbuhnya.

Kegiatan press conference pagi ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sebagai tuan rumah KTT Y-20 Indonesia 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI