SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Ganjil Genap Jalur Puncak Permanen, Sanksi Belum Diterapkan

Minggu, 3 Juli 2022 | 12:18 WIB
Oleh : Vento Saudale / BW
Antrean kendaraan menuju kawasan Puncak sudah mulai telihat Sabtu pagi (14/5/2022)

Bogor, Beritasatu.com - Ganjil genap Jalur Puncak Bogor menjadi kebijakan permanen seusai ditekennya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021. Namun, polisi belum menerapkan sanksi.

Permenhub Nomor 84 Tahun 2021 berisi tentang Pengaturan Lalu Lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi- Puncak Nomor 074 dan Ruas Jalan Nasional Puncak-Batas Kota Cianjur Nomor 075.

Advertisement

Dalam permenhub tersebut, tertulis bahwa ganjil genap Jalur Puncak akan diberlakukan pada hari libur nasional dan setiap akhir pekan.

"Iya permanen, berlaku tiga hari di setiap akhir pekan yaitu mulai Jumat pukul 14.00 WIB sampai Minggu pukul 24.00 WIB. Begitu juga di hari libur nasional, ganjil genap berlaku H-1 mulai jam dua siang sampai jam dua belas malam hari libur nasional nya," kata Kepala Bagian Operasional (KBO) Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, Minggu, (3/7/2022).

Kata dia, aturan tersebut keluar setelah uji coba penerapan ganjil genap yang selama ini dilakukan pihak kepolisian. Uji coba ganjil genap itu berhasil mereduksi mobilitas warga saat liburan.

"Sebab tiap akhir pekan, bisa dipastikan jalur ini mengalami kemacetan akibat padatnya kendaraan," kata Ketut.

Artinya, kata dia, tak ada penumpukan dan kepadatan pengunjung yang signifikan selama ganjil genap diberlakukan.

Dia mengatakan saat ini, Polres Bogor tengah membahas sanksi apa yang tepat diberlakukan untuk kawasan Puncak. Ketut menyebut sanksi yang diterapkan disesuaikan dengan kearifan lokal dan kebijakan lalu lintas di kawasan tersebut.

"Namun pemberian sanksi itu dikembalikan kepada kebijakan wilayah, kami belum menerapkan seperti di Jakarta," ucapnya.

Kebijakan demi menekan arus lalu lintas kendaraan yang melintas di Jalur Puncak Bogor dan Sentul. Setidaknya 8 pos penjagaan yang jadi titik pemeriksaan ganjil genap di jalur tersebut.

Sementara itu, situasi arus kendaraan di kawasan Jalur Puncak terpantau ramai lancar, Minggu (3/7/2022). Polres Bogor masih memberlakukan sistem ganjil genap.

Ketut Laswarjana dalam keterangnnya menerangkan, Minggu pagi arus kedua arah, baik menuju Puncak dan arah sebaliknya Bogor atau Jakarta ramai lancar.

"Kondisi lalin pagi ini ramai lancar dan terpantau hanya ada beberapa titik antrean kendaraan," kata Ketut.

Kata dia, anterean kendaraan sebagian besar terjadi di persimpangan seperti di Simpang Gadog, Simpang Megamendung, atau Simpang Pasar Cisarua.

Juga beberapa tempat wisata seperti Cimory Megamendung, Taman Safari, Cisarua, Warungkaleng, dan Masjid Ata'awun, Puncak.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI