SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

PBB Desak Tindakan Atasi 1,3 Juta Kematian Akibat Lalu Lintas

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.

New York, Beritasatu.com- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak tindakan untuk mengatasi kematian 1,3 juta jiwa akibat kecelakaan lalu lintas. Seperti dilaporkan AP, Jumat (1/7/2022), seruan itu dilontarkan dalam pertemuan tingkat tinggi pertama Majelis Umum PBB tentang keselamatan jalan.

PBB menyerukan tindakan global untuk mengurangi korban tahunan hampir 1,3 juta kematian dan 50 juta cedera dalam kecelakaan lalu lintas setidaknya setengah pada akhir dekade.

Advertisement

Deklarasi politik yang diadopsi oleh konsensus pada hari terakhir sesi dua hari itu mengatakan kematian dan cedera lalu lintas tidak hanya menyebabkan penderitaan yang meluas bagi orang-orang yang dicintai. Kematian akibat lalu lintas juga merugikan negara-negara rata-rata 3 persen hingga 5 persen dari produk domestik bruto tahunan mereka.

Dikatakan bahwa “menjadikan keselamatan jalan sebagai prioritas kesehatan dan pembangunan masyarakat yang mendesak.”

Para delegasi mendesak semua negara untuk berkomitmen untuk meningkatkan upaya dan menetapkan target nasional untuk mengurangi kematian dan cedera serius seperti yang diserukan dalam Rencana Global untuk Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2021-2030.

Berbicara pada sesi pembukaan hari Kamis, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa kecelakaan di jalan raya adalah penyebab utama kematian secara global anak-anak muda berusia 5 hingga 29 tahun. Sembilan dari 10 korban berada di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

“Kematian di jalan terkait erat dengan infrastruktur yang buruk, urbanisasi yang tidak terencana, sistem perlindungan sosial dan perawatan kesehatan yang lemah, literasi keselamatan jalan yang terbatas, dan ketidaksetaraan yang terus-menerus baik di dalam maupun di antara negara-negara. Pada saat yang sama, jalan yang tidak aman merupakan hambatan utama bagi pembangunan,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI