SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Menkes: Tiap Bulan, 1 Juta Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa

Minggu, 3 Juli 2022 | 16:27 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD
Budi Gunadi Sadikin saat memberi keterangan pers terkait rapat terbatas evaluasi PPKM di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 13 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Setiap bulan, sekitar sejuta vaksin Covid-19 yang mengalami kedaluwarsa atau sudah lewat masa berlakunya. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Minggu (3/7/2022).

Budi mengatakan bahwa pada saat ini stok vaksin Covid-19 nasional saat ini masih banyak, sehingga program vaksinasi nasional tidak terkendala pasokan vaksin. Tetapi, stok vaksin yang masih banyak ini, berdampak pada sekitar vaksin yang diperoleh dari donasi atau hibah yang mengalami kedaluwarsa atau habis masa pakainya.

Advertisement

“Stok vaksin masih banyak dan aman. Vaksin yang kedaluwarsa itu banyak vaksin yang dari donasi,” kata Budi usai acara Simposium Asosiasi Dokter Medis Sedunia (World Medical Association) tahun 2022, di Jakarta, Minggu (3/7/2022).

Saat ditanya jumlah total vaksin yang kedaluwarsa, Budi mengatakan sekitar 1 jutaan dosis vaksin kedaluwarsa setiap bulan. “Sejutaan lah sebulan,” ujarnya sembari masuk ke mobil.

Pada kesempatan sama, Budi mendorong masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi baik vaksin primer maupun booster karena terbukti dapat meningkatkan antibodi untuk menangkal virus Covid-19.

Selain vaksinasi, Budi mendorong masyarakat untuk tetap menggunakan masker di ruang tertutup. Pasalnya, masker merupakan pencegahan Covid-19 yang sangat murah.

“Kalau dua hal itu bisa disosialisasikan oleh teman-teman media ke masyarakat. Saya sebagai menteri kesehatan agak tenang,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI