SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Sepekan Jelang Iduladha, 3.000 Sapi di Tulang Bawang Divaksin PMK

Senin, 4 Juli 2022 | 13:03 WIB
Oleh : Roy Triyono / FMB
Petugas Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung lakukan vaksin PMK, Senin, 4 Juli 2022.

Tulang Bawang, Beritasatu.com - Sepekan Jelang Hari Raya Iduladha 1443 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang, Lampung melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, gencar melakukan vaksin penyakit mulut dan kaki (PMK). Direncanakan, sekitar 3.000 hewan ternak akan segera divaksin PMK oleh pemerintah daerah.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang Nasib Subagio menjelaskan, pemerintah daerah menyiapkan 3.000 dosis vaksin PMK.

Advertisement

Nasib Subagio menjelaskan, vaksin tersebut bersumber dari bantuan pemerintah pusat. Hingga 4 Juli 2022, hewan ternak yang ada di 10 kecamatan telah divaksin secara bertahap.

Kecamatan tersebut yakni, Menggala, Menggala Timur, Banjar Baru, dan Banjar Margo. Kemudian, Kecamatan Penawar Tama, Gedung Aji Baru, Gedung Aji, Meraksa Aji, Penawar Aji, dan Kecamatan Rawa Pitu.

"Alhamdulillah sudah 10 kecamatan yang dilakukan vaksinasi PMK. Kami juga sudah memberikan suntik vitamin kepada 350 sapi," kata Nasib Subagio, Senin (4/7/2022).

Nasib Subagio mengatakan, dengan vaksinasi dan suntik vitamin tersebut diharapkan imunitas ternak di Kabupaten Tulang Bawang dapat meningkat dan terhindar dari PMK, karena dengan dua cairan injeksi tersebut kekebalan tubuh hewan ternak dapat terjaga.

"Vitamin fungsinya untuk peningkatan imunitas ternak. Kalau vaksinasi untuk mencegah PMK agar tidak berkembang," ujar Nasib Subagio.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang diketahui sebanyak 379 hewan ternak di Tulang Bawang, Lampung, terjangkit PMK. Ratusan ternak yang terjangkit PMK berasal dari tiga kecamatan: Banjar Baru 125 ekor, Banjar Margo 175 ekor, dan Penawar Tama 79 ekor.

Ratusan hewan ternak yang terjangkit PMK tersebut sebagian besar merupakan sapi. Dari data tersebut, tercatat 105 ternak tengah menjalani pengobatan, 259 telah sembuh, dan 5 lainnya mati.

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertaniann Kabupaten Tulang Bawang memastikan ternak yang terjangkit PMK masih bisa dikonsumsi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI