SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Imbas 3 DOB Papua, Jokowi Perlu Terbitkan 2 Perppu Pemilu

Senin, 4 Juli 2022 | 15:12 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Ilustrasi pemekaran Provinsi Papua.

Jakarta, Beritasatu.com - Peneliti Kode Inisiatif, Muhammad Ihsan Maulana menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu menerbitkan dua peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk memastikan tiga daerah otonomi baru (DOB) Papua bisa mengikuti Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Menurut Ihsan, penerbitan Perppu lebih realistis dibandingkan merevisi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) dan revisi UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada (UU Pilkada).

"Mengingat tahapan pemilu sudah dimulai, ada kebutuhan yang cepat, maka Perppu menjadi opsi utama, meski demikian melakukan perubahan UU Pemilu dan Pilkada jauh lebih baik karena bisa melakukan revisi dengan pembahasan lebih substansi, tetapi konsekuensinya tarik ulur kepentingan akan sangat berat ketika melakukan revisi dibanding menerbitkan Perppu," ujar Ihsan kepada wartawan, Senin (4/7/2022).

Advertisement

Pertama, kata Ihsan, Perppu terkait pemilu yang memuat sejumlah hal, yakni membatalkan lampiran terkait daerah pemilihan (dapil) untuk kemudian penentuan dapil akan dibuat oleh KPU melalui Peraturan KPU sesuai dengan kebutuhan dan perhitungan kursi dapil.

Selain itu, kata Ihsan, Perppu Pemilu akan memuat ketentuan terkait alokasi kursi DPR RI (termasuk DPD RI) untuk tiga DOB dan daerah yang terdampak pemekaran. Termasuk juga jumlah kursi di DPRD Provinsi di tiga DOB dan daerah yang terdampak pemekaran

"Kedua, Perppu di UU Pilkada yang akan memuat tentang tata cara pengisian kepala daerah di tiga DOB apakah akan diselenggarakan di Pilkada 2024 atau akan ada waktu transisi yang lebih panjang," jelas Ihsan.

Diketahui, DPR telah mengesahkan tiga RUU DOB Papua yakni RUU Papua Selatan, RUU Papua Tengah, dan RUU Provinsi Pegunungan menjadi UU. Papua Selatan, ibu kotanya berkedudukan di Kabupaten Merauke. Sementara, Nabire menjadi ibu kota Papua Tengah. Jayawijaya didaulat sebagai ibu kota Papua Pegunungan.

Sebagai informasi, Papua Selatan akan meliputi empat kabupaten yaitu Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat. Sementara itu, Papua Tengah meliputi delapan kabupaten, yakni Nabire, Paniai, Mimika, Puncak Jaya, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya dan Deiyai.

Kemudian, Papua Pegunungan akan memiliki sembilan kabupaten, yaitu Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lani Jaya, dan Nduga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI