SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Sistem Zonasi, SDN Ini Hanya Dapatkan Satu Murid Baru

Senin, 4 Juli 2022 | 16:53 WIB
Oleh : Dyah Noor Shinta / YUD
SDN Sriwedari No 197 Solo, Jawa Tengah.

Surakarta, Beritasatu.com - Akibat sistem zonasi dalam PPDB, SDN Sriwedari No 197 Solo, Jawa Tengah hanya mendapatkan satu orang murid baru pada tahun ini. Minimnya siswa yang diterima sekolah tersebut terjadi karena sistem zonasi yang diterapkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Menurut Kepala Sekolah SDN Sriwedari No 197, Bambang Suryo Riyadi mengatakan sejak diterapkan sistem zonasi dari tahun ke tahun jumlah siswa baru di sekolahnya cenderung menurun setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena SDN yang dipimpinnya tidak berada di tengah-tengah pemukiman.

Advertisement

"Di sini lingkungan perhotelan, kantor, lapangan, untuk berkembang sangat susah apalagi dengan sistem zonasi. Kalau di pinggir-pinggir kota dekat kampung banyak anak-anak, apalagi di sini banyak warga lanjut usia," jelas Bambang, Senin (4/7/2022).

Selain lokasi, SDN Sriwedari No 197 juga harus bersaing dengan sekolah dasar lainnya untuk mendapatkan siswa baru. Menurut Bambang pada lima tahun sebelumnya banyak anak-anak dari luar kota Solo yang mendaftarkan diri di sekolah tersebut.

Penurunan peserta didik baru tersebut menurut Bambang terjadi juga karena tidak adanya jadwal serentak PPDB antara sekolah negeri dengan swasta.

Sementara itu, Kabid SD Dinas Pendidikan Kota Solo, Tarno membenarkan terdapat sejumlah sekolah negeri di Surakarta yang kekurangan siswa karena minat mendaftar yang rendah.

"Jadi PPDB di kota Surakarta secara online kan ada jenjang TK, SD, SMP. Untuk jenjang SD memang ada beberapa sekolah yang tidak terpenuhi kuota, diantaranya SDN Kerten No 2 , dan SDN Sriwedari ini sangat minim karena di SD Sriwedari ada hanya satu siswa yang secara online mendaftar," ungkap Tarno.

Minimnya siswa didik baru tersebut akan menjadi bahan evaluasi Dinas Pendidikan Solo. Tarno menerangkan bahwa PPDB saat ini masih dalam periode pendaftaran ulang. Hal tersebut memungkinkan adanya siswa dari sekolah lain yang bisa mendaftarkan diri masuk ke SDN Sriwedari No 197 Solo.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI