SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Airlangga: Aturan Ganti Rugi Ternak Terkena PMK Segera Terbit

Senin, 4 Juli 2022 | 17:09 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan ternak.

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan peraturan teknis yang mengatur ganti rugi pemusnahan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) akan segera diterbitkan Kementerian Pertanian (Kementan).

“Ini kita minta segera mungkin bisa keluar dari permentan (peraturan menteri pertanian),” kata Airlangga Hartarto di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/7/2022).

Advertisement

Airlangga menjelaskan peraturan teknisnya akan dikeluarkan dalam bentuk permentan oleh Kementerian Pertanian. Dalam aturan tersebut, ganti rugi hewan ternak yang dimusnahkan karena terjangkit PMK sebesar Rp 10 juta per ekor.

“Disiapkan teknisnya oleh permentan. Jadi ada penggantian itu maksimal Rp 10 juta,” ujar Airlangga Hartarto.

Dalam permentan tersebut, lanjut Airlangga, tidak semua hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku akan mendapatkan ganti rugi. Hal ini mengingat tidak semua hewan ternak yang terjangkit PMK dagingnya menjadi tidak aman dikonsumsi.

“Jadi kan, tidak semua yang dimusnahkan. Itu kalau yang dipaksa potong kan dagingnya masih bisa dijual dengan protokol tertentu. Jadi ini nanti akan diregulasi oleh Kementerian Pertanian,” terang Airlangga Hartarto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI