SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Wamenkes Minta IDI Ubah Iklim Kedokteran di Indonesia

Senin, 4 Juli 2022 | 23:57 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / CAR
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menerima plakat dari Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), M Adib Khumaidi pada acara Konferensi Asosiasi Dokter Medis Sedunia (World Medical Association) tahun 2022 yang diselenggarakan di Jakarta, Senin, 4 Juli 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono meminta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengubah iklim kedokteran. Salah satunya, yakni menerjemahkan isu kedokteran atau medis dalam bahasa publik yang mudah dipahami.

Dante menuturkan kedokteran tidak hanya bersumber pada hal-hal teknis dan komunikasi medis, tetapi harus bisa diterjemahkan ke dalam bahasa publik. Pasalnya, hal tersebut sejalan dengan tema yang diangkat Simposium International Code of Medical Ethics (ICoME), IDI bekerja sama dengan World Medical Association (MWA) atau Asosiasi Dokter Medis Sedunia mengenai standarisasi etik kedokteran.

Advertisement

Menurut Dante, tema yang diangkat dalam MWA merupakan suatu bentuk kepercayaan WMA terhadap Indonesia untuk diterapkan dalam iklim kedokteran di Indonesia.

“Ini akan kita teruskan kepada dokter Indonesia bahwa hal-hal penting berkaitan dengan kedokteran tidak melulu bersumber pada hal-hal teknis dan komunikasi bahasa medis yang ada, tetapi harus juga bisa diterjemahkan bahasa hukum, diterjemahkan bahasa publik, diterjemahkan ke dalam edukasi masyarakat sehingga semua hal yang menjadi masalah kesehatan bisa tercapai hingga ke ranah yang paling implementatif,” ucapnya pada acara Konferensi Asosiasi Dokter Medis Sedunia di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Diketahui, simposium ini mengusung tema “How Indonesian Medical Association and Worldwide Medical Organizations Standardize Medical Ethics and Professionalism”. Simposium berfokus pada masalah etik kedokteran dalam dunia masa kini.

Dante juga menuturkan terkait dengan transformasi sumber daya manusia (SDM) kesehatan, telah tertuang dalam enam pilar transformasi kesehatan menjadi fokus Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meliputi transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan Kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Khusus untuk SDM tenaga kesehatan dokter, Dante mengatakan ada tiga hal penting, yakni pemenuhan jumlah dokter yang hingga saat ini masih kurang, distribusi dokter yang belum merata dan mutu dokter harus dijaga semakin baik.

“Pertemuan ini akan mendukung transformasi SDM di mana mutu kedokteran akan semakin lebih terjamin, sehingga bisa memberikan sumbangsih yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI