SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jokowi Minta Polri Siaga, Waspada untuk Tiga Tugas Berat Ini

Selasa, 5 Juli 2022 | 10:28 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / WBP
Presiden Joko Widodo saat menjadi inspektur upacara peringatan ke-76 Hari Bhayangkara di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 5 Juli 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siaga, waspada, dan siap dalam menjalankan tiga tugas berat yang sedang dihadapi bangsa dan negara Indonesia.

“Keluarga Bhayangkara yang saya banggakan, tugas berat kita bersama masih banyak. Pertama, pandemi Covid-19 masih perlu penanganan yang serius. Saya minta Polri selalu siaga dalam penanggulangan Covid-19,” kata Jokowi saat memberikan amanah sebagai Inspektur Upacara HUT ke-76 Bhayangkara di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

Advertisement

Presiden Jokowi yang hadir bersama Iriana Joko Widodo disambut Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. HUT ke-76 Bhayangkara tahun 2022 bertema "Polri Yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh" juga dihadiri Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Ke-6 Try Soetrisno, Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz, serta Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla.

Kedua, Jokowi meminta semua pihak waspada terhadap ketidakpastian global, krisis energi, pangan dan keuangan. Oleh sebab itu, Polri harus memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar bangsa dan negara Indonesia lebih kokoh menghadapi tantangan tersebut. “Ketiga, kita harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru. Oleh sebab itu, Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan. Polri harus terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi,” ujar Jokowi.

Untuk menghadapi tugas Polri yang semakin berat, Jokowi mengharapkan anggota dan kelembagaan Polri terus berinovasi serta harus semakin adaptif, responsif dan bertransformasi menjadi institusi modern. Polri harus mampu bersinergi dengan TNI, kementerian dan lembaga dalam menjalankan tugasnya. “Saya perlu mengingatkan rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan rakyat, harus dirasakan masyarakat,” terang Jokowi.

Polri, lanjut Jokowi, harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas, melakukan berbagai tindakan pemolisian dengan humanis tetapi tegas ketika diperlukan. “Jadikan penegakkan hukum sebagai upaya terakhir, harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM),” tegas Jokowi.

Mengakhiri sambutannya, Jokowi mendoakan Bhayangkara Polri yang gugur dalam tugas agar diberikan tempat mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Ia mendoakan agar seluruh personel Polri dan keluarga senantiasa diberikan dan keselamatan. “Dirgahayu Kepolisian RI. Teruslah menjadi rastra sewakottama abdi utama nusa dan bangsa. Selamat bertugas,” ucap Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI