Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Uskup Suharyo: Lokasi Istiqlal dan Katedral Simbol Kerukunan

Selasa, 19 Juli 2022 | 18:20 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / BW
Uskup Agung Jakarta Monsinyur Ignatius Suharyo

Jakarta, Beritasatu.com - Uskup Agung Jakarta Monsinyur Ignatius Suharyo mengatakan, lokasi Katedral Jakarta yang bersebelahan dengan Masjid Istiqlal merupakan simbol kerukunan.

Hal itu disampaikan Uskup Suharyo dalam sambutannya pada saat Delegasi Y-20 mengunjungi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2022).

"Mungkin kalian penasaran mengapa komunitas Katolik hadir di sini menyambut kalian di masjid indah ini. Ini sebenarnya untuk menunjukkan bahwa kami berasal dari komunitas keagamaan yang berbeda yang hidup harmonis," kata Uskup Suharyo dalam sambutannya.

Sebelumnya, Delegasi Y-20 mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2022). Mereka disambut langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Nasaruddin Umar mengatakan, Masjid Istiqlal merupakan salah satu simbol keberagaman di Indonesia.

"Mungkin kalian mendengar tentang Masjid Istiqlal dari suatu tempat, akan tetapi saat ini kalian berada di dalam sini, yaitu salah satu simbol keberagaman," kata Nasaruddin dalam sambutannya di Masjid Istiqlal.

Tidak hanya itu, Nasaruddin Umar juga merasa senang karena terlibat dalam rangkaian Youth 20 atau Y-20 Indonesia 2022 Summit dan kedatangan delegasi tersebut.

Masih dalam sambutannya, Nasaruddin Umar mengungkapkan, Masjid Istiqlal memberikan kualitas sangat baik untuk melayani khususnya masyarakat muslim dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Lebih lanjut Nasaruddin Umar juga memperkenalkan bahwa Masjid Istiqlal memiliki madrasah istiqlal atau sekolah Islam.

Madrasah Istiqlal menggunakan sebagian bangunan di dalam kompleks Masjid Istiqlal, menyelenggarakan pendidikan dari Kelompok Bermain & Raudhatul Athfal (PAUD), Ibtidaiyah (SD), Tsanawiyah (SMP) dan Aliyah (SMU).

"Masjid Istiqlal juga memiliki Masrasah Istiqlal atau Islamic School. Selain itu masjid ini merupakan difabel friendly," ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, para delegasi berkeliling Masjid Istiqlal dan salah satunya ke Bermain Istiqlal. Setelah selesai keliling Masjid Istiqlal para delegasi tersebut menuju Gereja Katedral melalui Terowongan Silaturahmi.

KTT Y-20 resmi dibuka di Jakarta pada Senin (18/7/2022). Selama lima hari ke depan, para delegasi muda Y-20 akan membahas finalisasi Communiqué berupa rekomendasi kebijakan akan ditujukan kepada Presiden Joko Widodo untuk kemudian dibahas dengan pemimpin negara G-20 lainnya.

Keberagaman menjadi salah satu isu prioritas dari Y-20 Indonesia Summit 2022. Terdapat empat isu prioritas yang akan dibahas, yaitu Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital, Planet yang Bekelanjutan dan Layak Huni, serta Keberagaman dan Inklusi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI