Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kini Bayar Zakat, Infak, Sedekah ke IGF Bisa Gunakan Pospay

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:24 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / YUD
Ilustrasi zakat fitrah.

Jakarta, Beritasatu.com - Pembayaran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) Istiqlal Global Fund (IGF) kini bisa melalui aplikasi Pospay. Hal ini diwujudkan PT Pos Indonesia (Persero) dan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) yang sepakat melakukan kerja sama mendukung program kerja tersebut.

Penandatanganan kerja sama antara PT Pos Indonesia dengan BPMI ini diwakili Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Dirut PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi. Kemudian, Direktur Utama IGF Muljono Lodji dengan Plt Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Tonggo Marbun.

"Jadi, kami sekarang sudah menyediakan IGF masuk di Pospay. Artinya, semua ziswaf yang disalurkan melalui IGF dapat menggunakan (pembayaran) di Pospay, sehingga para user Pospay yang saat ini jumlahnya 2,5 juta, bisa menyalurkan ziswaf ke IGF melalui Pospay," kata Faizal Djoemadi dalam keterangannya Kamis (4/8/2022).

Ia mengatakan masyarakat juga bisa menyalurkan ziswaf ke IGF melalui 4.800 loket PT Pos Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia, ditambah dengan adanya 110.000 agen Pospay yang menjangkau hingga desa-desa dan pelosok Indonesia.

"Agen-agen Pospay juga akan memberitahu masyarakat bisa menyalurkan ziswaf ke IGF," ujarnya.

Selain itu kedua pihak juga akan saling memanfaatkan potensi masing-masing. Misalnya, Masjid Istiqlal memaksimalkan potensi yang dimiliki Pos Indonesia seputar empat portofolio bisnis dan sebaliknya, Pos Indonesia juga bisa memanfaatkan seluruh potensi Masjid Istiqlal.

Direktur SDM dan Umum PT Pos Indonesia (Persero), Tonggo Marbun bahwa pihaknya akan mempertajam bentuk-bentuk kerja sama dengan Istiqlal. Sebab, Istiqlal tidak sekadar masjid atau tempat ibadah saja.

"Ternyata di sini ada madrasah, PAUD bahkan sampai S3, cuma S1 yang tidak ada. Di situ Pospay bisa jadi sistem pembayaran, sarana transaksi keuangan di pendidikan. Kemudian ada pemberdayaan UMKM. Tadi Mulyono (Direktur Utama IGF Mulyono Lodji) menceritakan mereka punya konsep ekonomi umat yang dikelola secara khusus. Di situ Pospay bisa hadir dan bukan hanya sekadar QRIS tapi juga bisa memfasilitasi dalam bentuk-bentuk lain," ungkap Tonggo.

Pihaknya, lanjut Tonggo, juga akan menyasar secara masif generasi milenial terkait tagline generasi baik generasi Pospay. Hal ini sangat relevan karena mayoritas user Pospay berasal dari generasi milenial dan diharapkan kampanye ini meningkatkan kepedulian mereka menyalurkan ziswaf melalui Pospay.

"Saya kira jangan (berhenti) di perjanjian kerja sama. Tetapi kita konkretkan segera, kita bangun bisnis modelnya, bisnis prosesnya seperti apa, apakah itu fitur atau layanan baru bersama-sama dengan IGF," urai dia.

Direktur Utama IGF, Mulyono Lodji mengatakan pihaknya memiliki banyak potensi bisnis di lingkungan Istiqlal. Pihaknya ingin melakukan digitalisasi hal tersebut sebagaimana di antaranya kerja sama dengan PT Pos Indonesia.

"Dengan hadirnya digitalisasi akan mempermudah komunikasi kita. Dari PKS (perjanjian kerja sama) ini saya kira akan lahir lagi PKS-PKS selanjutnya sesuai lingkup kita secara produktif, strategis dengan PT Pos, dalam hal logistik, delivery, dan properti," pungkas Muljono.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI