Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Polda Metro Jaya Akhirnya Tahan Roy Suryo

Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:35 WIB
Oleh : Prasetyo Nugroho / BW
Roy Suryo.

Jakarta, Beritasatu.com - Polda Metro Jaya menahan Roy Suryo, tersangka kasus dugaan penistaan agama. Roy Suryo ditahan mulai Jumat (5/8/2022) malam ini. Dia ditahan selama 20 hari ke depan.

"Penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Roy Suryo Motodiprojo sebagai tersangka ujaran kebencian ini mulai dilakukan penahanan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Selain melakukan penahanan, polisi menyita akun Twitter resmi mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo.

"Penyidik menyita akun Twitter milik Roy Suryo," ujar Endra Zulpan.

Akun ini merupakan yang dipakainya untuk mengunggah meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden Joko Widodo. Selain itu, polisi juga menyita telepon genggam milik mantan politisi Partai Demokrat tersebut.

"Telepon genggam milik Roy Suryo disita," kata dia.

Sebelumnya, Roy Suryo telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama terkait meme stupa Candi Borobudur.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu dijerat Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kemudian ia juga disangkakan Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penodaan Agama dan Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946.

Roy Suryo pada Jumat ini kembali menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai tersangka di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

Roy Suryo tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 13.00 WIB. Sebelum diperiksa, polisi terlebih dahulu memeriksa kondisi kesehatan Roy Suryo dan dinyatakan sehat.

Sebelumnya juga, video eks Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengikuti acara sebuah klub mobil beredar di media sosial. Video diunggah akun Instagram klub mobil itu, @mbslclubina.

Roy Suryo mengenakan kaus hitam dengan memakai penyangga leher. Penyangga leher juga dia kenakan saat keluar dari pemeriksaan di Polda Metro Jaya pekan lalu.

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan ini hanya mengatakan, masyarakat boleh berpersepsi apa saja terkait kasus ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI