Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Sandiaga Uno Sebut Pengelolaan TNK Kewenangan KLHK

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:48 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan pengelolaan Taman Nasional Komodo (TNK) merupakan kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT).

"Kami di Kemenparekraf fungsinya di TN Komodo ini hanya melakukan koordinasi dan juga melakukan komunikasi saja. Namun TN Komodo itu di bawah langsung lingkup dari KLHK yang bekerja sama dengan Pemprov NTT," katanya menjawab pertanyaan Beritasatu.com pada Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Senin (8/8/2022).

Selanjutnya, kata Sandiaga, kebijakan-kebijakan yang dikaji, Kemenparekraf turut dilibatkan dalam rangka diseminasi dari keputusan yang diambil untuk memastikan kawasan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas akan memiliki daya tarik wisata, pelayanan dan juga kemampuan infrastruktur untuk menampung kunjungan wisatawan secara aman dan nyaman.

Sandiaga juga memahami bahwa kepadatan pariwisata di Taman Nasional Komodo memengaruhi kelangsungan hidup komodo dan makhluk asli lainnya di pulau-pulau di Labuan Bajo, sehingga pemerintah perlu membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung.

"Sebanyak 1,1 juta wisatawan sekarang bisa ditampung dengan fasilitas airport yang baru. Namun karena keterbatasan untuk konservasi yang hanya kurang lebih 200.000 sampai 210.000 pengunjung per tahun ke Pulau Komodo dan Pulau Padar, maka akan ada pembatasan jumlah kunjungan," tegasnya.

Pembatasan inilah, lanjut Sandiaga, yang dipastikan harus diimplementasikan agar habitat dan kelangsungan hidup hewan komodo itu bisa tetap terjaga di pulau-pulau tersebut.

Ia menjelaskan saat ini terdapat kawasan wisata Pulau Rinca, Gua Batu Cermin, Waterfront City, beberapa daya tarik lainnya di sekitar Labuan Bajo termasuk Desa Wisata Wae Rebo.

"Inilah yang sedang kita kembangkan, sehingga nanti pola perjalanan ke depan akan mendistribusikan kunjungan wisatawan-wisatawan baik mancanegara maupun nusantara di destinasi-destinasi tersebut. Jadi itu harus juga ke Pulau Komodo dan Pulau Padar. Wisata di Labuan Bajo semakin luas dan banyak," pungkas Sandiaga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI