Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Ukraina Gagalkan Upaya Pembunuhan Pejabat Tinggi Negara

Selasa, 9 Agustus 2022 | 07:32 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Letnan pasukan militer Ukraina Anton Galyashinskiy alias "Wider" memegang drone Parrot saat sesi latihan di pinggiran Kyiv, pada Kamis 14 Juli 2022.

Kyiv, Beritasatu.com - Ukraina menangkap dua orang yang bekerja untuk badan intelijen Rusia yang berencana membunuh sejumlah pejabat tinggi negara, seperti menteri pertahanan Ukraina dan kepala badan intelijen militernya, dinas keamanan domestik Ukraina, SBU mengatakan pada Senin (8/8/2022).

Dinas Keamanan Ukraina menggagalkan rencana oleh badan intelijen militer Rusia GRU untuk menggunakan kelompok sabotase untuk melakukan tiga pembunuhan termasuk pembunuhan seorang aktivis Ukraina terkemuka, kata badan itu dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters.

Tidak ada reaksi langsung terhadap pernyataan Ukraina dari Moskwa atau media pemerintah Rusia.

Para tersangka, satu penduduk wilayah Luhansk timur yang dikuasai separatis yang didukung Rusia dan yang lainnya penduduk ibu kota Ukraina Kyiv, dijanjikan hingga US$ 150.000 oleh penangan Rusia untuk pembunuhan masing-masing target mereka, kata SBU.

Pria dari wilayah Luhansk memasuki Ukraina dari Belarus dan ditahan di kota Kovel di barat laut Ukraina bersama dengan penduduk Kyiv, kata pernyataan itu.

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari dan keamanan untuk pejabat tinggi sangat ketat. Distrik pemerintah Kyiv ditutup dengan pos pemeriksaan yang diawaki oleh orang-orang bersenjata. Karung pasir ditumpuk di jendela dan pintu masuk gedung-gedung pemerintah.

SBU telah menjadi sorotan dalam beberapa pekan terakhir setelah Presiden Volodymyr Zelenskyy memecat kepalanya dan jaksa agung negara bagian bulan lalu, mengutip lusinan kasus kolaborasi dengan Rusia oleh pejabat di lembaga mereka.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNA/Reuters


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI