Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

AS Kembalikan 30 Barang Antik Curian ke Kamboja

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:30 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Foto dari Kejaksaan AS Distrik New York yang menunjukkan patung "Skanda di atas Merak", sebuah patung Kamboja abad ke-10.

New York, Beritasatu.com - Amerika Serikat (AS) pada Senin (8 Agustus) mengembalikan 30 karya seni dan barang antik curian ke Kamboja yang telah dijarah dari negara Asia Tenggara itu, termasuk dari kota kuno Khmer, dan diperdagangkan secara ilegal di seluruh dunia selama beberapa dekade.

Jaksa federal Manhattan Damian Williams secara resmi menyerahkan barang antik curian kepada duta besar Kamboja untuk Amerika Serikat, Keo Chhea, di depan pers.

"Kami merayakan kembalinya warisan budaya Kamboja kepada rakyat Kamboja, dan menegaskan kembali komitmen kami untuk mengurangi perdagangan gelap seni dan barang antik curian," kata Williams.

Di antara 30 karya adalah patung dewa Hindu Skanda abad ke-10, duduk di atas burung merak, serta patung dewa Hindu Ganesha dari abad ke-10. Keduanya dicuri dari Koh Ker, ibu kota Khmer kuno yang terletak 80 km dari kuil Angkor yang terkenal, kata kantor Williams dalam sebuah pernyataan.

Barang antik, yang berkisar dari Zaman Perunggu hingga abad ke-12, telah dicuri bersama ribuan lainnya selama perang di Kamboja pada 1970-an dan ketika negara itu dibuka kembali pada 1990-an.

Kantor kejaksaan federal mengatakan, ribuan patung Khmer yang diperdagangkan keluar dari Kamboja selama beberapa dekade ke pedagang barang antik di Bangkok, sebelum diekspor secara ilegal ke kolektor, pengusaha dan bahkan museum di Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Salah satu dealer, warga Amerika Douglas Latchford, didakwa pada tahun 2019 dengan perdagangan seni, tetapi kasus itu diajukan kembali setelah kematiannya.

Kantor kejaksaan New York terlibat dalam pengembalian sejumlah besar pekerjaan. Dari musim panas 2020 hingga akhir 2021, setidaknya 700 buah telah dikembalikan ke 14 negara berbeda, termasuk Kamboja, India, Pakistan, Mesir, Irak, Yunani, dan Italia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: AFP


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI