Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Didukung KBRI Sofia, Asian Festival 2022 Sedot 10.000 Pengunjung

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Asian Festival 2022 digelar di South Park II, Sofia, Bulgaria.

Sofia, Beritasatu.com- Asian Festival 2022 yang didukung Kedutaan Besar Repulik Indonesia (KBRI) Sofia telah berhasil menyedot 10.000 pengunjung. Setelah sempat vakum pada 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19, festival kembali digelar di South Park II, Sofia, Bulgaria pada 2 Juli 2022.

Pada kesempatan itu, Dubes RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta melepas merpati perdamaian bersama Wakil Presiden Bulgaria, Iliana Loyova dan para Dubes negara sahabat lainnya.

Berawal dari inisiatif KBRI Sofia pada 2017, Asian Festival sudah menjadi tradisi tahunan di musim panas Bulgaria dan menjadi semakin besar setiap tahunnya. Dengan diselenggarakannya kembali Asian Festival, KBRI Sofia mempromosi produk-produk Indonesia, seni budaya Indonesia, maupun potensi pariwisata Indonesia serta mensosalisasikan Presidensi G-20 Indonesia.

Selain Indonesia, kegiatan Asian Festival diikuti Vietnam, Filipina, Kamboja, Palestina, Pakistan, India, Korea Selatan, Mongolia, Iran, Jepang, dan Uni Emirat Arab. Lebih dari 10.000 pengunjung memadati areal Asian Festival.

Dalam sambutan, Wakil Presiden Bulgaria, Iliana Lotova menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Indonesia yang telah menginisiasi kegiatan ini. Menurut Lotova, acara ini telah berhasil menjadi ajang saling mengenal antara warga Bulgaria dengan negara-negara Asia.

Dubes Iwan juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Bulgaria, yang selalu memberikan dukungan atas penyelenggaraan kegiatan Asian Festival.

“Saya berharap melalui Asian Festival ini, dapat tercipta kerja sama di bidang seni budaya, pariwisata, olahraga maupun ekonomi perdagangan antara negara-negara Asia dengan Bulgaria,” kata Dubes Iwan.

Asian Festival 2022 digelar di South Park II, Sofia, Bulgaria.

Kegiatan Asian Festival 2022 terbagi menjadi tiga aktivitas. Yakni panggung utama, paviliun, dan tenda workshop.

Di panggung utama, KBRI Sofia menampilkan Tari Meras Gandrung oleh Tim Tari Pesona Mawar Nusantara (PMN) asuhan KBRI Sofia, dan Tari Topeng Bujuh. Untuk semakin memeriahkan acara, KBRI Sofia mengundang Tim Kesenian dari Serbia, yakni Tim Tari Bidadari asuhan KBRI Beograd.

Tim Bidadari menampilkan Tari Cendrawasih dan Tari Indang Sumatra. Sebagai kolaborasi antara PMN dan Bidadari, ditampilkan pula Tari 4 Etnis (Makassar, Bugis, Toraja, dan Manado).

Selain itu, Reneta Koleva yang viral di media sosial menyanyikan lagu dari Sumatera Barat, Lah Laruik Sanjo. Seluruh penampilan tim kesenian Indonesia mendapat sambutan yang amat meriah dan hangat dari publik Bulgaria.

Tak hanya itu, untuk KBRI Sofia juga memberikan workshop angklung dan permainan tradisional Indonesia, selain pelajaran Bahasa Indonesia. Melengkapi promosi, KBRI Sofia menghadirkan produk kerajinan UMKM Indonesia di paviliun.

Sementara produk makanan seperti fiber cream, rendang kemasan, Indomie, sardin, tuna kaleng, kopi Indonesia dibagikan secara gratis bagi para pengunjung paviliun.

Di tenda paviliun ini juga, keindahan lokasi wisata Indonesia juga dipamerkan melalui televisi. Para staf KBRI Sofia secara aktif memberikan keterangan informasi kepada para pengunjung mengenai Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI