Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kenaikan Tarif Masuk TN Komodo Ditunda, DPR: Hanya Solusi Sementara

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:31 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR
Andreas Hugo Pareira

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira menilai penundaan kenaikan tarif Rp 3,75 juta masuk ke Taman Nasional (TN) Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan solusi sementara. Menurut Andreas, waktu yang ada perlu dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi, diskusi dengan berbagai stakeholder untuk mendapatkan solusi komprehensif.

“Ini paling tidak solusi sementara sehingga dengan demikian ada ruang waktu untuk duduk bersama menata regulasi dan kewenangan baik yang berkaitan dengan kepariwisataan maupun konservasi,” ujar Andreas kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Menurut Andreas, pemerintah pusat dan daerah perlu menyediakan solusi yang komprehensif dengan esensi melindungi kepentingan masyarakat pelaku wisata serta menciptakan suasana nyaman dan aman bagi wisatawan. Selain itu, kata dia, pemerintah juga berkewajiban melakukan pembinaan sumber daya manusia (SDM) masyarakat lokal di Labuan Bajo agar terlibat aktif dalam berbagai aktivitas kepariwisataan.

“Pembinaan SDM agar masyarakat terlibat dalan kehidupan kepariwisataan secara inklusif dan menyejahterakan,” tutur legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

Lebih lanjut, Andreas mengatakan keputusan penundaan kenaikan tarif tersebut setidaknya meredakan situasi “panas” di Labuan Bajo. Menurutnya, situasi tersebut merupakan dampak dari “ulah” pemerintah daerah (pemda) yang secara sepihak mengumumkan kenaikan tarif yang drastis dan mengejutkan banyak pihak.

“Itu tentu membuat heboh, yang kemudian berdampak mengganggu kenyamanan kerja pelaku wisata, dan terutama wisatawan yang berkunjung dan akan berkunjung ke Labuan Bajo,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata NTT Zeth Sony Libing menyebutkan pihaknya menunda pemberlakuan tarif baru untuk masuk ke kawasan wisata Pulau Komodo dan Padar, Manggarai Barat, NTT, hingga 1 Januari 2023.

“Pemerintah Provinsi NTT memberikan dispensasi selama lima bulan ke depan atau tetap berlaku tarif lama masuk Pulau Komodo maupun Pulau Padar. Pemberlakuan tarif baru sebesar Rp 3,75 juta mulai berlaku pada 1 Januari 2023,” kata Zeth Sony Libing.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI