Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Presiden Ukraina Desak Barat Larang Warga dan Produk Rusia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:04 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Volodymyr Zelensky 

Kyiv, Beritasatu.com- Presiden Ukraina, Vladimir Zelensky mendesak negara-negara Barat untuk melarang masuk warga dan produk Rusia. Seperti dilaporkan RT, Senin (8/8/2022), Zelensky meminta pemberlakuan embargo penuh semua impor energi Rusia dan larangan perjalanan semua warga Rusia selama satu tahun penuh.

Diwawancarai di Kyiv, Zelensky mengatakan kepada Washington Post bahwa “sanksi paling penting adalah menutup perbatasan – karena Rusia mengambil tanah orang lain.

“Orang Rusia harus hidup di dunia mereka sendiri sampai mereka mengubah filosofi mereka,” katanya.

Pemimpin Ukraina bersikeras bahwa larangan itu adalah "satu-satunya cara untuk memengaruhi" Presiden Rusia Vladimir Putin.

Berbicara kepada Post seolah-olah Zelensky sedang berbicara kepada publik Rusia. “Anda memberi tahu seluruh dunia bahwa itu harus hidup dengan aturan Anda. Lalu pergi dan tinggal di sana,” tambahnya.

AS dan sekutunya yakni Kanada, UE, Jepang, Korea Selatan, dan Australia – telah mengembargo ratusan individu, perusahaan, dan organisasi Rusia atas apa yang mereka sebut “invasi” ke Ukraina. Pada April tahun ini, Rusia telah menjadi negara yang paling terkena sanksi di dunia, melampaui gabungan Iran, Venezuela, Myanmar, dan Kuba.

"Jenis Rusia apa pun ... buat mereka pergi ke Rusia. Hukuman kolektif adalah satu-satunya cara. Mereka akan mengerti kalau begitu. Mereka akan berkata, '[Perang] ini tidak ada hubungannya dengan kami. Seluruh penduduk tidak bisa dimintai pertanggungjawaban, bukan?’ Bisa. Penduduk memilih pemerintah ini dan mereka tidak melawannya, tidak berdebat dengannya, tidak meneriakinya,” ujar Zelensky.

Wawancara Zelensky dilakukan ketika Gedung Putih mengumumkan akan mengirim lagi senjata dan perlengkapan militer senilai US$1 miliar ke Kyiv, bersama dengan $4,5 miliar tunai untuk menopang pemerintah Ukraina.

“Segera setelah Ukraina mendapatkan kekuatan dan sarana yang cukup, kami akan mengambil alih semua wilayah kami,” janji Zelensky.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI