Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Konsolidasi di Surabaya, KIB Akan Susun Platform Tentukan Capres

Rabu, 10 Agustus 2022 | 23:10 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PPP Arsul Sani di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Agustus 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan melakukan konsolidasi di Surabaya, Jawa Timur pada Minggu (14/8/2022). Salah satu agenda dalam konsolidasi itu adalah menyusun platform untuk menentukan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) di Pilpres 2024.

"KIB sudah selesai daftar. Berikutnya yang sedang dalam proses penyusunan itu adalah platform KIB. Ini penting karena platform ini modal bagi kita juga untuk menentukan calon presiden dan wakil presiden," ujar Arsul Sani di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Penyusunan platform dimulai dari penyampaian visi-misi tiga parpol KIB. Platform politik ini akan menjadi seperti kontrak politik bagi siapa pun yang diusung KIB terutama jika yang diusung adalah tokoh dari luar KIB.

"Sederhananya, kami mempertimbangkan untuk mengusung anda tetapi ini loh platform kami. Kontrak politik harus jelas. Jadi tidak kemudian pragmatis. Tidak hanya bicara misalnya kalau jadi presiden, kami di kabinet dapat jatah sekian. Itu tak terhindarkan, tetapi bukan hanya itu lah yang kita pikirkan," jelas Arsul.

Lebih lanjut, Arsul mengatakan KIB tetap mengutamakan tokoh internal untuk diusung sebagai capres dan cawapres. Meski demikian, kata Arsul, pihaknya tetap membuka kandidat dari luar KIB dengan syarat memiliki popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas yang tinggi.

"Semangat yang ada di KIB adalah melihat yang dari internal dulu. Tetapi kan tidak bisa dibatasi, karena pada akhirnya parpol mana pun termasuk yang ada di KIB akan menentukan capres dan cawapresnya itu kan pertama berdasarkan popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas," jelas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI