Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

DPR Sindir Mahfud soal Kasus Brigadir J: Menteri Koordinator, Bukan Komentator

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:27 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto menyindir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD soal kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Hal ini karena Bambang menilai Mahfud MD belakangan ini kerap mengomentari lebih awal kasus Brigadir J sebelum Polri menyampaikan secara resmi.

Bahkan, Mahfud sempat menyebut akan ada tersangka ketiga kasus Brigadir J, sebelum Polri mengumumkan secara resmi tersangka tersebut.

"Tersangka belum diumumkan dia (Mahfud MD) sudah ngumumkan dulu. Apakah yang begitu itu jadi tugas menko polhukam. Saya bertanya sebagai ketua Komisi III, apakah itu masuk di dalam tupoksi menteri koordinator politik hukum dan keamanan? Koordinator loh, bukan komentator. Menteri koordinator bukan menteri komentator," ujar Bambang kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Bambang juga merespons pernyataan Mahfud MD soal diamnya DPR dalam kasus Brigadir J yang melibatkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Bambang menegaskan DPR diam karena tahu diri akan fungsi dan tugasnya.

"Jadi kalau menko polhukam ngomong bahwa itu DPR kok tidak ribut justru karena DPR sadar posisi. Kita malah justru bertanya apakah menko polhukam itu punya posisinya memang tukang komentar?," tegas politikus PDIP ini.

Menurut Bambang, DPR mempunyai forum khusus untuk meminta penjelasan dan keterangan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas kasus tewasnya Brigadir J. Forum tersebut adalah rapat kerja atau rapat dengar pendapat dengan Kapolri yang rencananya digelar setelah reses.

"Nanti Pak Kapolri pasti kita undang ke Komisi III untuk menjelaskan ini semua," tutur Bambang.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir juga menyindir Mahfud MD yang menyebut DPR irit bicara soal kasus tewasnya Brigadir J. Menurut Adies, Komisi III DPR belum memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit terkait kasus Brigadir J lantaran masih masa reses DPR.

"Pak Mahfud itu ngerti enggak kita lagi reses. Reses masa boleh kita panggil-panggil Kalau sudah masuk pasti kita panggil. Suruh pelajari dulu dia (Mahfud MD) UU MD3 lah, baru ngomong," kata Adies.

Adies mengatakan Komisi III selama ini selalu berkomunikasi dengan Kapolri dan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto terkait kasus ini. Hanya saja, kata dia, DPR menyerahkan penanganan kasus ini sepenuhnya kepada Polri.

"Kita selalu minta perkembangan, jadi kita tunggu saja hasil penyelidikan dari Kabareskrim, Kapolri," pungkas Adies.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI