Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

AKP Rita Yuliana Masih Berdinas di Polda Metro Jaya

Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:27 WIB
Oleh : Prasetyo Nugroho / BW
Rita Yuliana

Jakarta, Beritasatu.com – AKP (Ajun Komisaris Polisi) Rita Yuliana sampai saat ini masih berdinas di Polda Metro Jaya.

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan, AKP Rita masih aktif berdinas.

"Masih berdinas," ujar Zulpan kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu mengatakan, polisi cantik itu masih bertugas di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. AKP Rita menjabat sebagai panit di Subdirektorat Industri dan Perdagangan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. "Di Subdit indag sebagai Panit," katanya.

Untuk diketahui, seorang polisi wanita (Polwan) dengan nama lengkap AKP Rita Yuliana jadi perhatian warganet.

Mutasi Rita ke Polda Metro Jaya tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/2604/XII/KEP.2021 yang dikeluarkan Mabes Polri pada tanggal 24 Desember 2021.

Dikutip dari beberapa sumber, AKP Rita resmi menjadi anggota Polri sejak 2013. Dia diketahui menjadi salah satu lulusan Akademi Polisi tahun 2013 dan langsung bertugas di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di media sosial, Rita cukup aktif membagian beberapa foto-foto kegiatannya saat dinas.

Perempuan kelahiran Selong, Lombok Timur, 1 Juli 1992 ini bukan polwan biasa. Pemilik nama lengkap Rita Sorcha Yuliana ini punya banyak prestasi. Salah satunya mahir berbahasa Mandarin.

Dia juga tercatat satu-satunya perwakilan Polri yang mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, Tiongkok pada 2018.

Program itu merupakan spesialis bahasa Mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia, serta Afrika.

AKP Rita saat itu menorehkan prestasi membanggakan dengan mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). HSK adalah ujian standardisasi kemahiran berbahasa Mandarin bagi penutur asing yang hanya ditargetkan mencapai HSK level 3. Polwan cantik itu justru mendapatkan HSK level 4.

Bukan hanya di bidang akademik, Rita juga menorehkan prestasinya saat bertugas di Lombok Timur. Saat itu Kapolda NTB masih dijabat Irjen M Iqbal. Rita yang menjabat sebagai Kasat Lantas menginisiasi pembuatan gerai vaksin di layanan Satpas SIM Polres Lombok Timur, yang pertama di Indonesia.

Program tersebut pun menjadi role model untuk seluruh jajaran Polri. Terobosannya itu membuat AKP Rita Yuliana diganjar penghargaan oleh Kapolda.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI