Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

BRIN: Vaksin Merah Putih untuk Booster dan Vaksinasi Anak

Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:32 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD
Laksana Tri Handoko

Jakarta, Beritasatu.com - BRIN menyatakan vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan dengan platform protein rekombinan untuk vaksinasi booster Covid-19 dan vaksin anak usia 0-5 tahun. Hal tersebut dipaparkan oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko.

Handoko mengatakan bahwa vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan dengan platform protein rekombinan oleh Eijkman atau yang sebelumnya dikenal dengan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman akan digunakan untuk vaksinasi booster dan vaksin anak usia 0-5 tahun.

“Jadi sebagian besar vaksin yang dikembangkan hampir semua untuk booster,” kata Handoko di Kantor Redaksi Beritasatu Media Holding (BSMH), Kamis (11/8/2022).

Selain untuk booster, Handoko menuturkan, vaksin Merah Putih juga dikembangkan untuk vaksinasianak usia 0-5 tahun. Pasalnya, vaksin Covid-19 yang ada saat ini belum uji klinis pada anak usia 0-5 tahun.

“Karena uji klinis ke anak-anak itu paling terakhir. Sambil kita melihat vaksin yang selama ini ada itu seperti apa. Karena semua masih izin edar darurat jadi tetap kita harus kerja keras untuk mengejar itu,” ucapnya.

Selanjutnya, ketika ditanya kapan uji vaksin Merah Putih dapat diproduksi massal, Handoko menuturkan untuk vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Eijkman diperkirakan tahun depan. Pasalnya, saat ini, vaksin dengan platform protein rekombinan ini sedang berlangsung uji praklinis kedua pada hewan Macaca.

Sementara untuk vaksin Merah Putih dari Universitas Airlangga (Unair) yang bekerja sama dengan farmasi PT Biotis Pharmaceutical Indonesia dan PT Bio Farma untuk vaksin BUMN diperkirakan dapat diproduksi tahun ini.

“Saya ingin akhir tahun sudah keluar izin edar darurat, salah satu dari vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan saat ini,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Mohammad Syahril mengatakan perkembangan vaksin produksi dalam negeri yakni vaksin Merah Putih dan BUMN saat ini telah memasuki uji klinis fase ketiga.

“Saat ini vaksin Merah Putih dan Vaksin BUMN masih dalam tahapan uji klinis fase ketiga,” kata Syahril saat dihubungi Beritasatu.com, Sabtu (6/8/2022).

Selanjutnya, Handoko juga menuturkan sebetulnya untuk perkiraan tahap produksi vaksin Merah Putih secara prinsip tidak dapat dipastikan. Menurutnya, hal tersebut tidak etis. Apalagi, untuk melanjutkan tahap produksi vaksin Merah Putih ini harus mendapat izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Sebab, pembuatan vaksin harus memenuhi syarat Good Manufacturing Practice (GMP), jika tidak harus dilakukan uji ulang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI